Sulbar Diharapkan Jadi Sentra Produksi Jagung

id sentra jagung, sulbar, jagung serelia, andi saleh

Ilustrasi jagung (ANTARA FOTO/M Syafii)

Mamuju (Antara Sulbar) - Provinsi Sulawesi Barat diharapkan pemerintah pusat untuk menjadi daerah sentra produksi jagung terbesar di Indonesia guna mendukung upaya peningkatan produksi pangan nasional

"Sulbar memiliki banyak potensi lahan dalam upaya pengembangan sentra produksi pertanian, oleh karena itu daerah ini diharapkan menjadi sentra produksi jagung terbesar di Indonesia," kata Kasubdit Jagung Serelia Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Andi Saleh di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan program pemerintah pusat telah menfokuskan program peningkatan produksi jagung dan itu harus didukung peningkatan jagung di daerah dalam rangka mendukung swasembada jagung secara nasional.

Menurut dia, pemerintah pusat akan mendukung peningkatan luas areal tanaman jagung di Sulbar hingga 100 hektare pada 2018.

"Sesuai janji yang diperjuangkan Menteri Pertanian tidak ada lagi impor atau zero impor demi mencapai kebutuhan pangan nasional, dan tahun depan peningkatan produksi jagung mesti terus dilakukan dengan peningkatan produksi jagung di daerah," katanya.

Ia menyampaikan Kementerian Pertanian RI juga mengharapkan agar kualitas jagung di Provinsi Sulbar dapat ditingkatkan lagi, salah satunya dengan menggunakan benih jagung hibrida yang bersertifikat.

"Kita harapkan para petani yang tadinya semua menanam benih jagung F1 dan F2, nantinya hanya menanam benih jagung F1. Petani kita jangan lagi menanam benih lokal, namun dengan bibit hibrida F1," ucapnya.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar