BMKG : Puncak Hujan Di Barat Sulsel Januari-Februari

id Bmkg makasar, musim hujan, ahmad hahri radjab

Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Ahmad Fachri Radjab memaparkan prakiraan musim hujan tahun 2018 di Makassar, Rabu (8/11). (ANTARA FOTO/Muh Hasanuddin)

Makassar (Antara Sulsel) - Badan Meteorologi, Kilimatologi, dan Geofisika (BMG) Wilayah IV Makassar menyatakan jika puncak musim hujan untuk wilayah barat, Provinsi Sulawesi Selatan akan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2018.

"Untuk dibeberapa wilayah di Sulawesi Selatan sudah mulai turun hujan dan khusus di wilayah barat ini puncak hujan akan terjadi di bulan Januari dan Februari," ujar Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Ahmad Fachri Radjab di Makassar, Rabu.

Wilayah barat provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan pemetaannya yakni, Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Maros dan Pangkajene Kepulauan (Pangkep).

Ia mengatakan, untuk wilayah barat ini, musim hujan sejak tahun 2014 sudah dimulai sejak akhir Oktober hingga awal November dengan puncak hujannya pada Januari dan Februari.

"Untuk Sulawesi Selatan wilayah barat seperti Makassar, Gowa,Maros, dan Pangkep musim hujan sudah dimulai pada akhir bulan Oktober hingga awal November," katanya.

Fachri menambahkan, intensitas curah hujan yang tinggi baru akan dimulai pada bulan Desember di mana akan disertai dengan angin kencang hingga pada puncak hujannya.

Tingginya curah hujan pada waktu itu, lanjut dia, pastinya akan berdampak pada potensi bencana seperti banjir. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah kota dan Badan SAR untuk antisipasinya.

"Bedanya wilayah perkotaan dan pegunungan, jika wilayah perkotaan yang diguyur hujan tinggi pasti akan berdampak pada potensi bencana seperti banjir. Makanya, kita sudah koordinasikan dengan pemerintah daerah akan hal itu," katanya.

Selain itu, Fachri menjelaskan jika kondisi topografi di wilayah Sulsel yang bergunung, berlembah serta banyaknya pantai merupakan fenomenal lokal yang menambah beragamnya kondisi iklim, baik menurut ruang wilayah maupun waktu.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar