420 Anggota Tagana NTT Mulai Disiagakan

Pewarta : id dinas sosial ntt, tagana, bencana alam

Kupang (Antara Sulsel) - Sebanyak 424 orang anggota taruna siaga bencana mulai disiagakan di 22 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur guna menghadapi bencana alam selama musim hujan melanda daerah ini.

Kepala Dinas Sosial Nusa Tenggara Timur, Welem Foni dihubungi Antara di Kupang, Sabtu (11/11), menegaskan pada musim hujan wilayah NTT selalu menghadapi bencana alam maupun bencana sosial melanda NTT.

Foni menegaskan hal itu menyusul adanya peringatan dari Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang, Nusa Tenggara Timur, yang mengingatkan masyarakat NTT untuk mewaspadai bencana alam ketika terjadi peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan minggu ketiga November 2017.

Dalam masa anomali cuaca seperti itu selalu diwarnai hujan lebat disertai angin kencang tanah longsor dan petir.

Foni menegaskan, pemerintah NTT sudah menginstruksikan suluruh anggota Tagana mulai bersiaga di Posko Tagana di kabupaten/kota di NTT sehingga memudahkan untuk digerakan ke lokasi bencana alam di daerah.

Artinya kata dia, dalam menghadapi musim hujan yang terjadi pada November 2017 seluruh sumber daya yang berkaitan dengan upaya penanggulangan bencana alam sudah dalam kondisi siaga seperti SDM maupun fasilitas dapur umum dan kendaraan operasional untuk kepentingan evakuasi korban bencana alam.

"Pemerintah Provinsi NTT sudah mengingatkan seluruh jajaran Dinas Sosial kabupaten/kota mulai siagakan seluruh potensi yang ada sehinga lebih cepat melakukan upaya pertolongan yang bersifat darurat apabila terjadi bencana alam," kata Foni.

Sesuai prosedur tetap yang dimiliki Tagana, kata dia, apabila terjadi bencana alam maka satu jam setelah terjadi bencana seluruh anggota Tagana sudah berada di lokasi bencana untuk membantu evakuasi terhadap korban bencana alam.

"Satu jam setelah bencana semua anggota Tagana harus berada dilokasi itu sehingga proses penanganan bencana alam dilakukan lebih cepat guna meminimalisir adanya korban," tegasnya.

Sedangkan kesiapan logistik berupa beras kata dia, semuanya dalam kondisi siap di gudang Dolog di kabupaten/kota di NTT.

"Beras cadangan milik pemerintah kabupaten/kota maupun provinsi juga semuanya dalam kondisi siap, Jika dibutuhkan akan langsung didistribusikan kepada korban bencana alam yang membutuhkan bantuan," tegas Foni.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar