Gubernur Minta Puskesmas Promosikan Pola Hidup Sehat

Pewarta : id gubernur sulsel, syahrul yasin limpo, puskesmas, hari kesehatan nasional

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 di Makassar, Senin (13/11). (FOTO/Humas Pemprov Sulsel)

Makassar  (Antara Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meminta puskesmas dan tenaga kesehatan untuk berperan mempromosikan pola hidup sehat kepada masyarakat.

"Puskesmas dan tenaga kesehatan harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan aktif dan terus mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan keluarga," kata Syahrul yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 di Makassar, Senin.

Gubernur mengatakan, tema Peringatan Hari Kesehatan Nasional "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku" ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat.

"Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan. Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009," kata Syahrul.

Syahrul juga menjelaskan bahwa berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan No 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan terdapat 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan kabupaten/kota yang pencapaiannya harus 100 persen.

Selain itu, kata dia, terdapat delapan indikator Keluarga Sehat terkait dengan indikator SPM dan hanya ada empat yang tidak terkait SPM yaitu merokok, jamban sehat, akses air bersih dan anggota JKN.

Pada kesempatan ini, Syahrul juga mendapatkan penghargaan dari Markas Besar Angkatan Udara Lakespra Saryanto atas jasa terhadap pengembangan kesehatan penerbangan di Sulawesi Selatan.

Selain Gubernur Sulsel, juga dalam upacara ini hadir Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu`mang dan Sekretaris Daerah Sulsel Abdul Latief serta tenaga kesehatan dari 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel.
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar