ADB Lanjutkan Kerjasama Dengan Pemkot Makassar

id walikota makassar, adb

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat menerima pihak Asian Development Bank (ADB) di Rujab Wali Kota, Makassar, Kamis (16/11). (FOTO/Humas Pemkot Makassar)

Makassar (Antara Sulsel) - Asian Development Bank (ADB) kembali melanjutkan kerjasamanya dengan Pemerintah Kota Makassar dan siap mendukung semua program yang akan direalisasikan oleh pemerintah kota.

"Untuk beberapa program kita sudah kerja sama dengan ADB sejak lama dan kembali kita akan melakukan kerja sama lagi diberbagai aspek khususnya pada sektor infrastruktur," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, salah satu materi pembahasannya saat bertemu dengan pihak ADB di rumah jabatannya itu yakni upaya untuk merevisi kembali beberapa program dan membahas perencanaan selanjutnya.

Di mana diketahui bahwa ADB memiliki keahlian pada sektor pembangunan dan telah menjalin kerja sama yang terbilang lama dengan Pemkot Makassar, seperti beberapa program lorong garden (Longgar), yakni Badan Usaha Lorong (Bulo), lorong cabai dan lainnya.

"Kita menyampaikan dalam skenario tata ruang, kita mengalami pertumbuhan sangat cepat, seperti misalnya CPI dan di wilayah pelabuhan, jadi dalam mengantisipasi terjadinya ledakan-ledakan lalu lintas yang membuat kota itu terbebani yang tidak terbayangkan sebelumnya maka kita harus cepat lakukan antisipasi," katanya.

Ia menambahkan, ADB memiliki kemampuan disektor tersebut, yang di mana menjadi kendala bagi pemerintah, maka dari itu dirinya mesti mengambil langkah percepatan demi menghindari beban transportasi di tahun-tahun berikutnya.

"Terkhusus juga jalan tol dalam kota, kita punya rencana tapi kita tidak begitu update, dan mereka jauh memiliki pengalaman. Januari tahun depan rencananya mereka akan mengirim tenaga ahlinya," tambahnya.

Sementara itu, Country Director Indonesi Resident Mission, ADB, Winfried F Wicklein mengapresiasi pihak Pemkot Makassar yang kembali melibatkan ADB dalam program selanjutnya.

"Saya sangat senang bisa ke Makassar dan kita sudah sering ke sini beberapa tahun, kita bekerja bersama seperti sanitasi dan lorong garden, kita melihat progres yang cukup baik di Makassar," ujar Winfried melalui penerjemahnya.

Selain itu ia juga turut merasa bangga atas capaian dari pemkot Makassar seperti kota dengan pembangunan tercepat dan kota dengan indeks kebahagiaan tertinggi di Indonesia.

"Fantastic, untuk rencana pengembangan transportasi di tahun 2018, jujur kita sangat tertarik, dan selalu memberikan support dan tentu kembali melanjutkan kerja sama," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar