Sulawesi Selatan Catat Sejarah Produksi Jagung Tertinggi

id produksi jagung, dinas pertanian sulsel, fitriani

Ilustrasi jagung (ANTARA FOTO/M Syafii)

Makassar (Antara Sulsel) - Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultural Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan produksi jagung Sulsel mencatatkan sejarah dengan pencapaian terbesar yang mencapai 2,24 juta ton.

"Sepanjang sejarah produksi jagung di Sulawesi Selatan, kita mencatatkan produksi terbesar mencapai 2 juta ton. Dan sesuai data ramalan statistik bisa mencapai 2,24 juta ton pada tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultural Sulsel, Fitriani di Makassar, Kamis.

Ia menjelaskan, pihanya selain melakukan berbagai upaya peningkatan produksi pangan, juga fokus melakukan pengawalan pangan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Selanjutnya melakukan sertifikasi produk petani atau tanaman segar untuk meningkatka mutu demi keamanan pangan.

Dinas Ketahanan pangan Sulsel sesuai arahan Gubernur dan wakil Gubernur Sulsel, kata dia, akhirnya mampu memberikan kontribusi melalui bimbinga dan pengawana tekologi untuk meningkatkan produksi padi ataupun jagung, kedelai, cabe, dan berbagai produk lainnya di Sulsel.

"Kita juga terus dituntut untuk melahirkn produk pangan yang bekualitas ekspor. Melalui sinergitas intas sektoral membuat pencapaian produksi kita semakin meningkat," ujarnya.

Pihaknya saat ini tinggal fokus melakukan pemantauan dan evaluasi sehingga stok dan harga pangan juga stabil.

"Sehingga para petani kita dan masyarakat bisa tersenyum. Kondisi musim hujan saat ini juga merupakan berkah sehingga para petani kembali bisa menanam untuk meningkatkan produksinya," ujar dia.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar