Gubernur Beri Rp4 Miliar Kado HUT Gowa

id gubernur sulsel, hut ke-697, gowa

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (dua kiri) menabuh gendang pada HUT ke-697 Kabupaten Gowa di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Kabupaten Gowa, Jumat (17/11). (FOTO/Humas Pemprov Sulsel)

Makassar (Antara Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo memberi bantuan Rp4 miliar sebagai kado peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-697 Kabupaten Gowa.

"Itu (bantuan) untuk pembangunan masjid dan lapangan," kata Syahrul usai menghadiri peringatan HUT Kabupaten Gowa, di Gowa, Jumat.

Ia mengatakan visi Pemerintah Kabupaten Gowa untuk menghadirkan ruang publik perlu didukung penuh, apalagi untuk kepentingan rakyat.

"Sumbernya bantuan ini dari APBD Provinsi Sulawesi Selatan," tambahnya.

Hari Jadi Kabupaten Giwa tahun ini mengangkat tema "Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Kebersamaan Menuju Gowa Lebih Baik" dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah bupati se-Sulsel.

Selain itu turut hadir pula mantan Bupati Gowa dua periode, Ichsan Yasin Limpo.

Pada HUT kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar ini, acara dimulai dengan menampilkan atraksi 1.000 orang paganrang yang memainkan irama Tunrung Pakanjara secara serentak.?

Pemukulan gendang diawali Gubernur Sulsel Syahrul dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL. Atraksi pemain gendang ini tercatat rekor oleh Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (Leprid).?

Gubernur Sulsel dalam sambutannya berharap Hari Jadi Ke-697 Kabupaten Gowa ini momentum untuk menjadikan Gowa lebih baik, lebih maju, modern dan mandiri.

"Saya senang mendengarkan Pak bupati bilang bahwa Gowa harus dua kali lipat lebih gemilang dari Sulsel," kata Syahrul.

Selain karena usia Gowa (Kerajaan Gowa) dua kali lipat dari usia Sulsel yang saat ini baru berusia 348 tahun. Syahrul juga menambahkan bahwa Sulsel hanya bisa baik karena hadir Kabupaten Gowa yang memberikan kontribusi dan mewarnai dengan baik.

Dia juga menjelaskan bahwa Gowa merupakan tanah lahirnya para tokoh agama dan tokoh nasional, bahkan tokoh dunia, yang telah memberikan kontribusi besar di tempat mereka mengabdi, seperti Sultan Hasanuddin, Syekh Yusuf dan Napoleon Bonaparte.

"Orang Gowa intektualnya hebat, kita Suku Makassar juga punya tulisan lontara," sebut mantan Bupati Gowa dua periode ini.

Dia juga menyaksikan penandatanganan 11 proyek pembangunan, di antaranya pembangunan irigasi tanah dangkal (ITD) dan program bantuan inklusi Kelurahan Bulutanra Kecamatan Tinggi Moncong.

Sementara itu Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL mengatakan kabupaten dan masyarakat Gowa sangat kaya dengan kearifan lokal, kejayaan masa lalu, mampu menjadi motivasi untuk mencapai kejayaan dan keberadaban.

"Kita harus mengambil peran demi kemajuan daerah. Sejarah masa lalu memotivasi untuk mencapai kemajuan bersama," ujar Adnan.

Adnan juga menyampaikan bahwa masyarakat Gowa merasa puas dengan pemerintah daerahnya selama satu tahun kepemimpinan Adnan Purichta bersama Abdul Rauf Mallagani (Kio), dengan nilai tingkat kepuasan sekitar 74,9 persen.

Sejauh ini keberhasilan Gowa, ungkap Adnan, karena hubungan dan sinergi yang baik dengan Pemerintah Provinsi Sulsel.

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gowa juga turut dimeriahkan artis ibu kota Titi DJ yang populer dengan lagu "Sang Dewi".
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar