APPSI Dorong Perdagangan Antardaerah

id ketua appsi, syahrul yasin limpo, surabaya

Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo saat membuka lokakarya bertema "Optimalisasi Kerja sama Perdagangan Antardaerah" di Surabaya, Jawa Timur, Selasa malam (21/11). (FOTO/Humas Pemprov Sulsel)

Makassar (Antara Sulsel) - Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) melalui lokakarya kerja sama pemanfaatan produk unggulan daerah di Surabaya, Jawa Timur, mendorong peningkatan perdagangan antardaerah di Tanah Air.

"Pertemuan ini akan menjajaki berbagai potensi daerah yang bisa dikerjasamakan," kata Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo Syahrul saat membuka lokakarya bertema Optimalisasi Kerja sama Perdagangan Antardaerah" di Surabaya, Jawa Timur, Selasa malam, dalam siaran pers yang diterima di Makassar, Rabu. Lokakarya tersebut berlangsung 21-23 November 2017.

Syahrul mencontohkan Sulsel yang memiliki surplus beras dan sapi, bisa mendistribusikan komoditas tersebut secara maksimal ke berbagai daerah di Indonesia yang membutuhkan. Demikian juga daerah lain yang punya produk yang dibutuhkan Sulsel, bisa disuplai ke Sulsel.?

Lebih lanjut Syahrul mengatakan Forum APPSI tersebut sebagai pertemuan nasional yang membicarakan berbagai persoalan rakyat.

Tujuannya, kata dia, untuk memperbaiki daerah yang ada di seluruh Indonesia yang akan dipertanggungjawabkan oleh gubernur dan menjadi jawaban kebutuhan dan harapan bangsa.

"Pertemuan ini menjadi jawaban atas kepentingan nasional untuk menjadi alternatif pemecahan tantangan dan kebutuhan untuk daerah besok," tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, juga akan dibicarakan soal pelimpahan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi.

"Selama kurang lebih setahun pelaksanaannya, bagaimana progresnya. Termasuk apa kelemahan yang harus dibenahi," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengaku tersanjung karena Jawa Timur dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Lokakarya APPSI.

Soekarwo juga mengusulkan agar peserta APPSI dari berbagai daerah tidak cepat-cepat pulang sebab kuliner di Surabaya enak-enak termasuk rawon dan rujak cingur.

"Bukan hanya itu. Jawa Timur adalah miniatur Indonesia, semua suku ada di sini," ungkapnya.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar