Syahrul: Optimalkan Potensi Daerah, Tidak Perlu Impor

id gubernur sulsel, appsi, syahrul yasin limpo

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (kiri) dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo memimpin langsung kegiatan Misi Dagang APPSI di Hotel Shangrila, Surabaya, Selasa (22/11). (FOTO/Humas Pemprov Sulsel)

Makassar (Antara Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mengatakan jika setiap provinsi mampu mengoptimalkan potensi daerah masing-masing, maka Indonesia tidak perlu lagi melakukan impor.

"Setiap daerah kan memiliki produk unggulan sendiri, jika masing-masing provinsi dan daerah saling menyiapkan dan bekerjasama, kita tak perlu lagi ribut soal impor," kata Syahrul di sela lokakarya Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) sebagaimana dikutip dari Kepala Bagian Humas Pemprov Sulsel Badaruddin yang dihubungi dari Makassar, Rabu.

Syahrul mencontohkan misalnya jika Sulsel punya bawang merah, dan Banten membutuhkan, maka bawang merah Sulsel dapat dikirim ke Banten.

"Kita punya banyak sekali produksi pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan dan ini pasti dibutuhkan daerah lain," kata Syahrul.

Untuk mendorong perdagangan antar daerah dalam negri ini, kata Syahrul, pihaknya selaku gubernur akan membuat MoU dengan provinsi-provinsi lain di tanah air.

"Kita MoU dulu, kemudian ada tindak lanjut antara pengusaha, kemudian ini didorong menjadi regulasi nasional," ucapnya.

Sejauh ini, kata Syahrul, Sulsel telah membangun kerjasama dengan semua provinsi di kawasan timur Indonesia.

"Daging dan gula kita sampai Kalimantan, gula sampai Papua, ini yang ingim kita perluas, kita berharap nantinya dikeluarkan Kepres (terkait perdagangan antar daerah)," pungkasnya.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar