Pemkab Torut Siap Menyukseskan "Lovely December" 2017

id toraja utara, lovely december

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan (tengah) didampingi Kepala Dinas Kominfo Torut Fitra memberi keterangan kepada wartawan terkait Lovely December 2017 di Objek Wisata Kalimbuang-Bori, Torut, Kamis (23/11). (FOTO/Humas Toraja Utara)

Rantepao (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Toraja Utara (Pemkab Torut), Sulawesi Selatan, siap menyukseskan event pariwisata "Lovely December" 2017 yang dipusatkan di kabupaten tersebut, pada 9-30 Desember 2017.

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan saat jumpa pers terkait Lovely December 2017 di Objek Wisata Kalimbuang-Bori, Torut, Kamis, mengatakan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara akan berusaha keras agar event ini berlangsung dengan sukses demi kemajuan Pariwisata.

"Kita akan mengupayakan event ini menjadi momen puncak kegiatan promosi pariwisata, bukan hanya menyajikan perkembangan pariwisata, tetapi menjadi bahan evalusi untuk perkembangan pariwisata selanjutnya," kata Kalatiku yang didampingi Kepala Dinas Kominfo Torut Fitra pada acara tersebut.

Bupati menambahkan, pariwisata merupakan kebijakan paling utama untuk Toraja Utara, dan dengan pariwisata dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.

"Sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan usaha kerajinan tangan masyarakat menjadi bagian dalam pariwisata. selain itu, dalam pengembangan pariwisata wajib memenuhi persyaratan kebersihan, kerapian tata kota, serta keramah-tamahan," ujarnya.

Kalatiku juga yakin Presiden Joko Widodo akan hadir dalam Lovely December mendatang.

"Saya sangat yakin akan kehadiran Bapak Presiden RI saat acara Lovely December nantinya. Karena itu, kami telah mempersiapkan semaksimal mungkin untuk penyambutan Bapak Presiden," pungkasnya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Kominfo Toraja Utara Fitra mengatakan akan mendukung penuh dan bekerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya dalam menyukseskan event tahunan ini.

"Kami siap mendukung dan bekerjasama dengan OPD lainnya untuk menyukseskan kegiatan ini, apalagi dengan kehadiran Bapak Presiden nantinya, akan menambah semangat serta kemeriahan event Lovely December tahun ini," kata Fitra.

Lovely December  adalah salah satu agenda tahunan promosi pariwisata Toraja yang digelar sejak 2008 dan merupakan bentuk apresiasi terhadap warisan budaya Toraja yang  memamerkan beragam seni dan budaya serta hasil pengembangan pariwisata yang diselenggarakan di Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja.

Lovely December 2017 akan menggelar 14 kegiatan yakni festival kuliner tradisional, show dan tandem paralayang, festival sendratari ceritera rakyat, pameran ekonomi kreatif, lomba paduan suara lagu Natal, festival kopi, ring road christmas adventure Toraja 100, perayaan Natal Oikumene, Festival ponon Natal dan lampu hias.

Selain itu, karnaval budaya, festival dan kontes kerbau, festival seni dan budaya, Toraja ultra Scenic Run dan diakhiri festival kembang api.
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar