Unhas Gelar Lomba Karya Ilmiah Kemaritiman

id unhas, lomba karya ilmiah, kemaritiman

Makassar (Antara Sulsel) - Universitas Hasanuddin Makassar menggelar Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) tingkat nasional bidang kemaritiman di Aula LKPP, Lantai 1 Gedung Perpustakaan Unhas mulai 30 November - 2 Desember 2017.

"Kegiatan yang dimulai sejak tahun 2012 atau telah memasuki tahun kelima ini, mengangkat tema `Mengembangkan dan Mengelola Potensi Maritim untuk Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia`," kata Kepala Unit Humas dan Protokoler Universitas Hasanuddin, Ishaq Rahman di Makassar, Rabu.

Ia menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya, kata dia, terdapat lebih 100 paper dari 40 perguruan tinggi yang mengirimkan naskah, namun setelah melalui proses seleksi pendahuluan, paper-paper yang dinyatakan lolos ke babak puncak di Universitas Hasanuddin berasal dari 26 perguruan tinggi.

LKTM Nasional Bidang Kemaritiman dimaksudkan sebagai media dan sarana komunikasi antar mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia, untuk membuka peluang bagi pengembangan potensi mahasiswa dalam kegiatan ilmiah, khususnya bidang kemaritiman.

Hal ini diharapkan dapat mempertajam wawasan mahasiswa, meningkatkan kreativitas, dan daya kritis dalam pengembangan IPTEKS bidang kemaritiman.

Secara khusus, menurut dia, tujuan yang ingin dicapai dengan LKTM ini adalah dapat memotivasi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan akademik, sebagai wadah mengsinergikan "hard skill dan soft skill" mahasisa.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektualnya pada suatu forum ilmiah, serta memberi umpan balik terhadap proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

Panitia pelaksana yang dikoordinir oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni telah mengadakan persiapan akhir dan menyatakan siap menghelat kegiatan ini.

Menurut rencana, acara akan dibukan secara resmi pada 30 November 2017, pukul 17.00 Wita, bertempat di Aula LKPP, Lantai 1 Gedung Perpustakaan Unhas.

"Panitia pelaksana, dalam hal ini Universitas Hasanuddin, akan menanggung akomodasi (penginapan dan konsumsi) bagi seluruh peserta selama kegiatan berlangsung,"jelasnya.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar