Dua anjing pelacak siaga di KPU Sulsel

id anjing-pelacak

Seekor anjing pelacak yang didampingi dua orang pawang dari aparat Polda Sulsel saat bertugas di Kantor KPU Sulsel, Rabu. (Foto ANTARA/Suriani Mappong)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Dua ekor anjing pelacak dengan tugas yang berbeda disiagakan di kawasan Kantor KPU Provinsi Sulawesi Selatan untuk membantu pengamanan selama proses pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel.

"Ada dua anjing pelacak yang difungsikan dalam pengamanan pada pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel di kantor KPU ini," kata Pawang anjing pelacak dari Polda Sulsel, Febriar T di sela-sela pengamanan di Kantor Sulsel di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan kedua anjing pelacak tersebut memiliki fungsi berbeda, yakni anjing pelacak bernama Loena bertugas melacak adanya bahan peledak, dan anjing bernama Soni memiliki tugas kegiatan Dalmas ketika terjadi unjuk rasa.

"Kedua anjing pelacak ini disiagakan untuk mengantisipasi hal yang tidak memungkinkan, termasuk yang akan mengganggu kelancaran proses Pilkada di Kantor KPUD Sulsel," ujarnya.

Febriar menambahkan khusus anjing Loena sudah bertugas melacak mengeliling kantor KPUD sejak sebelum pagi hari untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut dia, baik anjing Loena maupun Soni hanya melaksanakan tugasnya jika diperintah oleh pawangnya.

Kedua anjing pelacak yang bertugas siaga di KPUD Sulsel selama melaksanakan tugasnya didampingi oleh pawangnya karena instruksi hanya bisa dilakukan oleh pawang angjing pelacak tersebut.

"Anjing Loena dan Soni ini sudah terlatih untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan melalui perintah pawangnya," ujar Febriar.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar