Pemprov koordinasikan pengangkutan turbin PLTB Jeneponto

id pltb jeneponto,gubernur sulsel,syahrul yasin limpo

Ilustrasi PLTB (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memperlancar pengangkutan turbin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Jeneponto.

"Kami akan minta kepolisian dan kepala daerah yang wilayahnya dilewati baling-baling PLTB, untuk ikut membantu," kata Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang ditemui di Kabupaten Jeneponto, Sulsel, Rabu.

Ia menjelaskan pembangunan PLTB tersebut terus berlanjut, sementara tiang dan bilah baling-baling turbin yang kini berada di Makassar juga akan segera diangkut ke Jeneponto.

Namun, kata dia, pengangkutan ini tidak mudah, karena material yang akan diangkut memiliki dimensi cukup besar, sehingga

butuh beberapa pembenahan jalan termasuk jembatan dan tikungan yang akan dilalui.

Saat ini, lanjutnya, beberapa bagian ruas jalan sepanjang 95 km yang akan dilewati tengah dibenahi, seperti kelokan yang ada di Bukit Karama, Kecamatan Bangkala Jeneponto terpaksa dikikis untuk memudahkan mobil truk lewat.?

Pengangkutan, kata dia, juga harus dilakukan malam hari untuk menghindari kemacetan.

"Ini memang butuh penanganan yang komprehensif, makanya kami minta kepala daerah di Makassar, Gowa, dan Takalar yang daerahnya akan dilewati untuk membantu ini," tuturnya.

Sebelumnya Kepala Dinas ESDM Sulsel Gunawan Palaguna mengatakan PLTB Jeneponto dibangun oleh PT Energi Bayu Jeneponto.

Menurut dia, PT Energi Bayu Jeneponto akan membangun 20 turbin angin yang kapasitasnya masing-masing tiga Megawatt (MW), sehingga total produksinya mencapai 60 MW.

Ke-20 titik pembangunan turbin tersebut, kata dia, tersebar di Kecamatan Binamu, Turatea, Arungkeke dan Tarowang, Kabupaten Jeneponto.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar