BI Sulbar dukung sergap tingkatkan produksi padi

id bank indonesia,bi sulbar,produksi padi,dadal angkoro,korem tatag 142 mamuju

Ilustrasi Bank Indonesia (ANTARA FOTO)

Mamuju (Antaranews Sulsel) - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat mendukung program serapan gabah petani yang dilaksanakan Komando Resort Militer Taroada Tarogau Kabupaten Mamuju Provinsi Sulbar.

"BI Sulbar mendukung program sergap oleh TNI Korem Tatag 142 Mamuju dan dilaksanakan sejumlah Kodim dan Koramil membantu petani mengolah sawah dan membantu memanen gabah hasil pertanian petani," kata kepala BI Perwakilan Sulbar, Dadal Angkoro di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, program tersebut akan membantu meningkatkan produksi beras di Sulbar serta menjaga ketersediaan pangan dan mencegah inflasi.

Menurut dia, kondisi inflasi di Provinsi Sulbar telah terjadi dan telah dilaksanakan sejumlah operasi pasar sebagai langkah antisipasi.

"Sebetulnya kenaikan harga beras yang agak relatif tinggi dan kelangkaan beras diakibatkan akibat cuaca yang membuat panen terganggu suplai beras menjadi tidak normal dan beras naik, ini juga dimanfaatkan pihak tertentu mencari untung," katanya.

Oleh karena itu ia mengatakan, pemerintah akan terus melakukan operasi pasar dan menjamin tersedianya stok sembako bagi masyarakat seperti beras yang sangat dibutuhkan.

"Di Sulbar stok beras tersedia agar harga normal maka operasi pasar, dan kalau masyarakat mendapati harga beras tinggi dipasaran, maka sebaiknya masyarakat membeli di kantor Bulog karena disitu beras juga tersedia dengan harga normal," katanya.

Menurut dia, langkah antisipasi pemerintah dalam mengatasi inflasi diyakini akan membuat inflasi tidak akan terjadi dibulan Januari 2018 ini dan kalaupun terjadi maka akan lebih rendah dari inflasi pada bulan Januari 2017 sekitar 0,56 persen.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar