perkuat komunikasi Telkomsel tambah jaringan di puma

id Papua Barat, Telkomsel, tambah jaringan

BTS (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Raja Ampat, Papua Barat (Antaranews Sulsel) - PT Telkomsel kembali memperkuat jaringan telekomunikasi dengan menambah spot-spot di deerah Papua, Papua Barat, dan Maluku, (Puma) termasuk daerah-daerah wisata di kawasan tersebut.

"Penduduk di Papua Barat tercatat 1,3 juta jiwa, dengan pelanggan 1,2 juta pengguna. Untuk market share tercatat 98 persen," sebut Brand Manager Telkomsel Wilayah Puma, Rully Bintori disela media gathering di Raja Ampat, Papua Barat, Selasa malam.

Menurutnya, salah satu tujuan Telkomsel memperluaskan jaringan di wilayah Puma salah satunya melihat potensi wisata yang sangat besar untuk dikelola, serta memberikan akses kepada masyarakat untuk dikunjungi melalui informasi.

"Saat ini untuk broadband khusus di sebanyak 600 ribu khusus wilayah Papua dengan pengguna smartpone 17 ribu pengguna," katanya.

Sementara untuk khusus kawasan Raja Ampat Telkomsel telah merealisasikan 34 titik infratruktur BTS untuk mendukung akses telekomunikasi di daerah wisata tersebut.

Infrastruktur BTS yang terpasang berteknologi 2G hingga 3G sampai 4G itu bahkan memiliki kualitas jaringan optimal sehingga bisa memenuhi kebutuhan telekomunikasi masyarakat setempat serta wisata yang berkunjung.

"Khusus untuk 34 BTS itu ditempatkan pada pulau-pulau kecil di Kawasan Raja Ampat. Masyarakat dan pengunjing tidak perlu khawatir tidak dipastikan, ada jaringan," katanya.

Rully menjelaskan, seluruh infrastruktur itu dibangun melalui skema Pelayanan Universal Telekomunikasi (Universal Service Obligation/USO) guna memperluas akses telekomunikasi di daerah tersebut.

Raja Ampat merupakan kabupaten di wilayah administrasi Provinsi Papua Barat dengan letak tepat berada di Pulau Papua bagian Barat.

Secara umum, geografis Raja Ampat terdiri dari banyak pulau karang yang tersebar hampir merata pada seluruh titik di wilayah administratif.

Namun, terdapat empat pulau utama yang menjadi titik konsentrasi penduduk maupun wisatawan yakni Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool.

Mengenai sasaran kunjungan wisatawan seperti Piaynemo, Teluk Kabui, Wayag dan banyak lainnya juga telah dipasangkan USO sebagai layanan penuh Telkomsel kepada pela pelanggan.

Sementara Manager Media Relation Aldin menambahkan, saat ini BTS tercatat 154 ribu tersebut di semua. Daerah termasuk daerah perbatasan dalam melayani jangkauan pelanggan.

"Tahun ini kita target pemaaangan 20 ribu BTS khusu 4G di kawasan timur Indonesia sebagai bentuk upaya melayani pelanggan yang sulit terakses telekomunikasi. Selain itu bagian Dari penguatan layanan kepariwisataan sesuai arahan Keminfokom," tambahnya. 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar