Kodim Majene sosialisasi wawasan kebangsaan untuk pelajar

id Kodim majene,Sosialisasi kebangsaan,Smk negeri 2 majene

Ilustrasi Wawasan kebangsaan (Dok)

Mamuju (Antaranews Sulsel) - Kodim 1401/Majene Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan di SMK Negeri 2 Majene dengan diikuti 410 siswa.

"Materi wawasan kebangsaan yang sampaikan adalah empat pilar kebangsaan, yang merupakan konsensus dasar bangsa, antara lain Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Dandim 1401/Majene Letkol Infanteri Rahman di Majene, Rabu.

Ia mengatakan Pancasila yang merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat di dalamnya terdapat esensi nilai-nilai, di antaranya nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan, dan keadilan.

"Keragaman dalam satu kesatuan NKRI menyatakan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar kumpulan suku bangsa, ras, bahasa, tapak budaya penduduk yang mendiami pulau di wilayah, keragaman tersebut harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional dalam bingkai NKRI," katanya.

Menurut dia, Bangsa Indonesia lahir dari keberagaman, berbagai etnis berkumpul menjadi satu dalam satu lingkungan, berbagai penganut agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun antarumat beragama.

Apalagi, lanjutnya, semboyan bangsa sudah jelas, yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" yang mengandung arti walaupun berbeda tetapi tetap satu, yakni Bangsa Indonesia.

Dandim Rahman juga menyampaikan kepada para siswa SMK Negeri 2 Majene akan bahaya narkoba yang dapat mengakibatkan hancurnya masa depan generasi muda.

Ia juga menegaskan agar generasi muda menjauhi penggunaan narkoba.

"Kegiatan belajar yang dilakukan saat ini tidak hanya untuk memperoleh pengetahuan saja tetapi juga belajar agar dapat menjadi orang yang berguna sesuai dengan minat, bakat, dan potensi diri, serta belajar untuk dapat hidup bersama dengan orang lain," katanya. 
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar