Disdukcapil di Sulsel buka pelayanan sabtu-minggu

id Disdukcapil sulsel,Sukarniaty Kondolele

Foto arsip-Petugas merekam iris mata warga untuk pemohon Elektronik KTP di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar, Selasa (30/8/16). (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan membuka pelayanan pada Sabtu dan Minggu untuk mencapai target perekaman e-KTP seratus persen pada 2018.

"Sebagian besar kabupaten/kota buka pelayanan Sabtu, Minggu, tapi khusus Makassar hanya Sabtu," kata Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Sulsel Sukarniaty Kondolele di Makassar, Sabtu.

Pelayanan pada Sabtu dan Minggu, kata dia, untuk memudahkan pelayanan e-KTP bagi masyarakat.

"Jadi masyarakat yang biasanya sibuk dari Senin sampai Jumat bekerja, bisa memanfaatkan hari Sabtu dan Minggu," kata dia.

Saat ini, kata dia, persentase perekaman data e-KTP di Sulsel sudah mencapai 89,01 persen atau 6.047.436 jiwa dari total 6.793.907 wajib KTP penduduk Sulsel.

Berdasarkan Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pemerintah menargetkan pada tahun ini seluruh perekaman data e-KTP bisa rampung 100 persen.

"Makanya kami melakukan berbagai upaya untuk mengejar target tersebut," ujar dia.

Selain membuka layanan pada Sabtu dan Minggu, pihaknya juga melakukan layanan "jemput bola", di mana petugas secara aktif mendatangi masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang sulit terjangkau.

"Masyarakat yang tinggal di daerah kepulauan atau pegunungan kadang kala enggan melakukan perekaman karena mereka harus ke kota dulu, mereka pasti harus mengeluarkan ongkos lagi, makanya pihak kabupaten/kota yang proaktif mendatangi masyarakat," tutur dia.

Ia optimistis dengan berbagai upaya yang dilakukan, target perekaman data e-KTP hingga 100 persen tersebut dapat terpenuhi.

"Kita harap secepatnya (target terpenuhi, red.), kalau bisa sebelum pilkada, agar pilkada kita lebih berkualitas," kata dia. 
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar