Taklukkan Bali United, Persija juara Piala Presiden 2018

id persija jakaarta,juara piala presiden 2018,bali united,marko simic

Pemain Persija Jakarta N Setiawan (bawah) terjatuh saat berusaha melewati hadangan pemain Bali United Andhika Wijaya (atas) dalam laga final Piala Presiden di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/2). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pd/

Jakarta (Antaranews Sulsel) - Persija Jakarta berhasil menjadi juara Piala Presiden 2018 setelah menaklukkan Bali United  3-0 pada partai final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu malam.

Dari tiga gol itu, dua gol dicetak oleh penyerang Marko Simic masing-masing dengan sundulan di menit ke-20 dan tendangan salto di menit ke 45+2, sementara satu gol lainnya diciptakan Novri Setiawan di menit ke-63.

Dalam pertandingan yang disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo bersama lebih dari 70.000 penonton di mana sebagian besar merupakan pendukung Persija, kedua tim bermain dengan tempo tinggi sejak awal pertandingan.

Persija, yang mengandalkan kecepatan Riko Simanjuntak di kanan dan Novri Setiawan di sisi kiri, sempat beberapa kali mengancam gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan.

Bali United yang cenderung mengandalkan pertahanan sembari sesekali mencoba serangan balik melalui sisi sayap akhirnya kebobolan di menit ke-20.

Gol tersebut berawal dari tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Bali United yang dieksekusi Rezaldi Hehanusa. Bola yang meluncur menyilang disundul dengan sempurna oleh Marko Simic yang berdiri bebas. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Persija.

Bali United berusaha keras membalasnya. Peluang anak-anak asuh Hans Peter Schaller datang di menit ke-41 melalui sepakan keras sang kapten Fadil Sausu, tetapi bisa digagalkan oleh Andritany Ardhiyasa.

Sibuk menyerang, Bali United justru kembali kemasukan gol di menit ke-45+2. Berawal dari kemelut di depan gawang Bali United, bola dioper ke Rohit Chan yang berada di sisi serang kiri Persija.

Rohit Chan kemudian melepaskan umpan silang yang disambut dengan tendangan salto Marko Simic. Bola meluncur mulus ke gawang Wawan Hendrawan dan mengubah skor menjadi 2-0 yang bertahan sampai babak pertama usai.

Di paruh kedua laga, Bali United berinisiatif menyerang sejak peluit dibunyikan wasit asal Bandung Oki Dwi Putra Senjaya.

Hasilnya, baru lima menit pertandingan berjalan, tim berjuluk Serdadu Tridatu hampir menggetarkan gawang Persija jika tendangan bebas terarah Fadil Sausu tidak ditepis dengan baik oleh Andritany Ardhiyasa.

Akan tetapi, lagi-lagi Persija yang sukses mencuri gol tepatnya di menit ke-63. Bermula dari serangan cepat ke sisi kiri pertahanan Bali United, bola dialirkan ke tengah di mana di sana ada Rohit Chan.

Rohit melakukan gerakan tipuan yang memperdaya bek Bali United. Seolah-olah hendak menendang, pemain berkebangsaan Nepal itu ternyata memberikan bola ke Novri Setiawan yang berdiri bebas. Tanpa pengawalan berarti, Novri melesakkan bola ke gawang Wawan Hendrawan dengan kaki kirinya dan membuat skor menjadi 3-0.

Kedua tim memiliki beberapa peluang di sisa pertandingan, tetapi tak ada gol tambahan tercipta. Hasil ini membuat Persija Jakarta menjadi juara Piala Presiden 2018 dan berhak atas hadiah Rp3,3 miliar.

Ini adalah gelar kampiun Piala Presiden pertama kalinya bagi tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Adapun Bali United sebagai "runner up" memperoleh hadiah Rp2,2 miliar.

Sementara, dari laga perebutan tempat ketiga Piala Presiden 2018, Sriwijaya FC berhasil menjadi yang terbaik setelah menundukkan PSMS Medan dengan skor 4-0 dan dengan demikian meraup hadiah Rp1,1 miliar.

 PSMS Medan sendiri sebagai peringkat empat mendapatkan hadiah Rp550 juta.

Berikut susunan pemain Persija dan Bali United di laga final Piala Presiden 2018.

Persija: Andritany Ardhiyasa, Ismed Sofyan (kapten), Jaimerson da Silva, Rezaldi Hehanusa, Maman Abdul Rahman (90' digantikan Gunawan Dwi Cahyo), Ramdani Lestaluhu (83' digantikan Fitra Ridwan), Rohit Chan (86' Nugroho Fatchur Rochman), Sandi Darma Sutte, Marko Simic (86' digantikan Bambang Pamungkas), Novri Setiawan, Riko Simanjuntak (90' digantikan Rudi Widodo).

Cadangan: Muhammad Darmawan, Gunawan Dwi Cahyo (90' menggantikan Maman Abdul Rahman), Asri Akbar, Fitra Ridwan (83' menggantikan Ramdani Lestaluhu), Nugroho Fatchur Rochman (86' menggantikan Rohit Chan), Bambang Pamungkas (86' menggantikan Marco Simic), Rudi Widodo (90' menggantikan Riko Simanjuntak).

 Bali United: Wawan Hendrawan, Ahn Byungkeon (52' digantikan Ahmad Agung Setia Budi), Demerson Bruno Costa (79' digantikan I Gede Sukadana), Fadil Sausu (kapten), I Made Andhika Pradana Wijaya, Ricky Fajrin Saputra, Nick van der Velden, Muhammad  (61' digantikan Irfan Bachdim), Ilija Spasojevic, Stefanol Lilipaly, Yabes Roni Malaifani (61' digantikan Mifrahul Hamdi).

Cadangan: I Made Wardana, Irfan Bachdim (61' menggantikan M. Taufiq), Agus Nova Wiantra, Dias Angga Putra, Ahmad Agung Setia Budi (52' menggantikan Ahn Byungkeon), I Gede Sukadana (79' menggantikan Demerson Bruno), Miftahul Hamdi (61' menggantikan Yabes Roni).
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar