pendaftar calon KPU Sulsel capai 147 Orang

id Sulsel, KPU, pendaftar calon

ilustrasi KPU (Antara News)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Masa akhir pendaftaran calon anggota KPU Sulawesi Selatan telah mencatat pendaftar sebanyak 147 orang yang berminat menduduki jabatan penyelenggara pemilu tersebut.

"Data sementara pendaftar sudah mencapai 147 orang dari yang mengambil formulir 150 orang, "sebut Ketua Tim Seleksi Komisioner KPU Sulsel, Basti Teteng di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Dari jumlah tersebut, kata dia, cukup banyak yang berminat mulai dari akademisi atau dosen, Guru, Pensiunan PNS, PNS, honorer, penggiat Lembaga Swadaya Masyarakat atau NGO, pengacara, hakim, wartawan, pengusaha hingga komisioner KPU dan Bawaslu provinsi dan kabupaten kota yang masih menjabat saat ini ikut mendaftar.

Tidak hanya itu, keterwakilan perempuan juga cukup banyak mendaftar, bahkan sejumlah pendaftar juga mempunyai strata pendidikan hingga doktor ikut ambil bagian dalam rekriutmen calon anggota KPU Sulsel itu.

"Kami bekerja sesuai dengan regulasi. Seleksi dan peleitian berkas akan dilakukan setelah masa pendaftaran ditutup hari ini. Selanjutnya akan disaring untuk selanjutnya mengikuti tes tertulis 7 Maret mendatang dan langsung diumumkan 60 orang," paparnya kepada wartawan.

Sementara tahapan selanjutnya, setelah dinyatakan lolos tes tertulis disaring kembali melalui psikotes selanjutnya diambil 42 orang. Kemudian dari 42 orang itu disaring lagi hingga hasil akhirnya diputuskan 14 orang untuk mengikuti tes wawancara dan kesehatan.

Mengenai dengan lembaga maupun institusi yang akan ikut membantu melaksanakan rekriutmen, kata dia, sudah didiskusikan baik itu dari kepolisian, maupun dari kampus Unhas dan UNM.

Berdasarkan data diterima, komisioner KPU masih menjabat di provinsi dan kabupaten kota tercatat 16 orang, Bawaslu dan Panwaslu, Dosen 14 orang, NGO/LSM empat orang, guru empat orang, wartawan tiga orang, serta sejumlah dari profesi lainnya.

Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar