Mahasiswa Keio Jepang studi banding di Unhas

id mahasiswa Jepang,studi banding,di Unhas

Para mahasiswa Keio University Jepang saat berkunjung ke Universitas Hasanuddin Makassar, Senin. (Foto ANTARA/Abdul Kadir)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 20 mahasiswa Keio University dari Shonan Fujisawa Campus Fujisawa City, Kanagawa, Jepang berkunjung dan studi banding di Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua Rombongan dan Pembimbing Mahasiswa Keio University Profesor Yo Nonaka, PhD di Makassar, Senin mengatakan dirinya begitu senang dapat diterima dengan hangat di Unhas karena dirinya secara pribadi dekat dengan kota ini.

"Saya pertama kali mempelajari bahasa Indonesia di Makassar, waktu itu saya masih berusia 16 tahun dan menjadi siswa pertukaran di sini," kata Nonaka Sensei dengan bahasa Indonesia yang fasih.

Para mahasiswa yang berasal dari Faculty of Policy Management ini dalam kunjungan mereka didampingi oleh Asisten Profesor Yo Nonaka, PhD.

Ia menjelaskan, kedatangan para mahasiswa Jepang ini merupakan bagian dari studi lapangan untuk mata kuliah Special Research Project on Multi-ethnic Society in Indonesia.

Mata kuliah ini secara khusus mengajarkan tentang Indonesia dan keragaman etniknya. Peserta mata kuliah ini datang ke Indonesia khusus untuk melihat langsung kehidupan masyarakat sehari-hari di luar Jawa, terutama Sulawesi.

Di Kota Makassar, mahasiswa Keio akan berkunjung hingga tanggal 15 Maret mendatang. Selain di Unhas, mereka juga akan tinggal bersama masyarakat di Kelurahan Lakkang Kecamatan Tallo Kota Makassar dan berinteraksi dengan kehidupan masyarakat sehari-hari.

Di akhir kunjungan nantinya, mereka akan mempresentasikan hal-hal yang telah mereka lihat dan alami selama kunjungan di lapangan. Presentasi akan dilakukan di hadapan dosen dan mahasiswa Unhas, sehingga nantinya mereka bisa memperoleh umpan balik dari Unhas.

Sensei Nonaka mengatakan rombongan mahasiswa Jepang ini terbagi dalam lima kelompok, dan masing-masing kelompok dengan fokus pengamatan spesifik.

"Ada yang meneliti khusus tentang pendidikan, agama, pemuda (khususnya sosial media), makanan, dan perbandingan kehidupan. Mereka akan didampingi oleh mahasiswa dari Departemen Sastra Jepang Unhas," ujarnya.

Ketua Departemen Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Unhas, Nuraidah menyatakan pihaknya menyambut baik kedatangan rombongan dari Keio University, dan dirinya senang sekali karena mahasiswa Unhas bisa saling berbagi dengan rekan-rekan mahasiswa dari Keio University.

Seorang mahasiswa Keio University, Hiroki Sakamoto mengatakan bahwa ia terkesan dengan makanan di Kota Makassar, dan ia berharap bisa memperoleh manfaat selama kunjungan ke di "Kota Daeng" ini.
Para mahasiswa Keio University Jepang berfoto bersama kalangan civitas akademika Universitas Hasanuddin Makassar, Senin. (Foto ANTARA/Abdul Kadir)
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar