Asita-Pemkab Toraja tingkatkan koordinasi sambut tamu IMF-WB

id Asita,Toraja,Imf,World bank

Asita-Pemkab Toraja tingkatkan koordinasi sambut tamu IMF-WB

Asita (ist)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Sulawesi Selatan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara sebagai persiapan menyambut kehadiran peserta Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia (WB) pada Oktober 2018.

Ketua Asita Sulsel, Didi L Manaba di Makassar, Sabtu, mengatakan pihaknya telah bertemu dengan pemerintah kabupaten tersebut untuk lebih memaksimalkan kesiapan saat peserta Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 berkunjung ke daerah tersebut.

"Kami sudah bertemu dan berbicara cukup banyak terkait berbagai hal khususnya persiapan menyambut peserta UMF-WB yang direncanakan Oktober 2018," katanya.

Adapun koordinasi antara pihaknya dengan pemkab seperti bagaimana kesiapan pemerintah dalam hal sarana dan prasarana, akomodasi, transportasi termasuk kondisi jalan menuju lokasi objek wisata dan sebagainya.

Kedua pihak juga membahas hal-hal yang dirasa perlu agar bisa memberikan kesan positif bagi peserta sehingga bisa mengambarkan ke kerabat dan rekannya saat para tamu IMF-WB itu kembali ke negara masing-masing.

"Untuk destinasi wisata, di Toraja memang sudah ada beberapa objek wisata yang siap dioperasikan seperti jembatan kaca ataupun Negeri di Atas Awan Lolai," ujarnya.

Sementara itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan memperkenalkan dan mempromosikan destinasi Toraja di Berlin, Jerman, demi mengangkat jumlah wisatawan mancanegara ke daerah itu.

Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Destinasi Pariwisata Disbudpar Sulsel, Yulianus mengatakan, pihaknya pada promosi tersebut tidak lagi tampil dalam sebuah pameran namun langsung melakukan pertemuan dengan masyarakat.

Ia menjelaskan untuk agenda promosi Toraja ini sudah dilaksanakan sejak dua hari yang lalu. Pihaknya berharap dengan promosi seperti itu akan membuatnya lebih efektif khususnya dalam menarik wisatawan berkunjung ke Toraja.

Dengan promosi ini pula, pihaknya berharap agar jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang bisa lebih banyak lagi. Ini juga sebagai respon dari penurunan jumlah wisatawan yang terjadi sejak Januari tahun ini.

"Kami telah mempersiapkan beberapa upaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing ke Sulsel. Selain promosi ke Berlin, kami juga ikut memperkenalkan destinasi Makassar ke Malaysia yang waktunya memang bersamaan," ujarnya.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar