hari pertama UNBK SMP di Makassar lancar

id UNBK SMP, hari pertama,Plt Kadis Pendidikan Makassar,Mukhtar Tahir

Plt Kepala Dinas Pendidikan Makassar Mukhtar Tahir memberikan keterangan terkait persiapan UNBK SMP di Makassar, Selasa (10/4). (ANTARA FOTO/Muh Hasanuddin)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Ujian Nasional Berbasis Komuputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun ajaran 2018 di Kota Makassar berjalan lancar sesuai dengan persiapan yang dilakukan pihak Dinas Pendidikan maupun sekolah setempat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Makassar Mukhtar Tahir di Makassar, Senin, mengatakan, pelaksanaan UNBK yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari berjalan sesuai keinginan bersama.

"Alhamdulillah berjalan lancar karena memang kita semua sudah duduk bersama untuk membahas mengenai pelaksanaan UNBK SMP ini dan hasilnya seperti hari ini, berjalan lancar," ujarnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan UNBK SMP ini akan berlangsung selama tiga hari dan pada pemantauan hari pertama, semua proses berjalan lancar tanpa adanya hambatan.

Pemantauan yang dilakukannya langsung bersama dengan beberapa kepala bidangnya itu diantaranya di SMP swasta Athirah, SMP Negeri 1, SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 6 Makassar.

"Jadi ada empat sekolah kita pantau, tiga SMP negeri dan satu SMP swasta unggulan. Semuanya berjalan lancar dan bahkan satu SMP yakni SMP Negeri 6 memang terjadi sedikit kendala, tapi tetap berjalan lancar tanpa hambatan berarti," katanya.

Mukhtar Tahir menyebutkan, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2017/2018 ini diikuti oleh 253 sekolah di mana 45 diantaranya adalah SMP Negeri, 159 SMP swasta dan 49 Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Ia mengaku, selama melakukan pertemuan pembahasan persiapan pelaksanaan UNBK itu, pihaknya melibatkan para kepala sekolah dan pemangku kepentingan lainnya seperti DPRD Makassar, PLN dan PT Telkom.

Disdik Makassar juga telah menggelar simulasi UNBK di seluruh sekolah yang menyelenggarakan UNBK tahun ini. Seperti di SMPN 6 Makassar yang telah menyelenggarakan simulasi pada 27 dan 28 Februari lalu.

Mukhtar Tahir menambahkan koordinasi dengan PLN dan Telkom yang menyuplai listrik dan jaringan telah dilakukan bersama DPRD Makassar untuk mengantisipasi gangguan listrik dan jaringan saat pelaksanaan UNBK.

UNBK 2018 tingkat SMP sederajat akan diselenggarakan 23 hingga 26 April 2018. Kemudian ujian susulan akan dilaksanakan 8 dan 9 Mei 2018.


 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar