Ketua DPRD-Wali Kota Makassar Tinjau UNBK

id UNBK, SMP, Ketua DPRD, Syamsu Rizal, Plt Wali Kota, Makassar

Ilustrasi - teknisi memeriksa komputer yang akan digunakan siswa untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA FOTO/Darwin/ama/17

Makassar (Antaranews Sulsel) - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI didampingi Ketua DPRD Makassar Farouk Mappaselling Betta meninjau langsung pelaksanaan ujian berbasis komputer (UNBK) di sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Hari ini baru kita bisa lakukan peninjauan bersama dengan pak Ketua DPRD Makassar, apalagi ada pak Kadis Pendidikan Sulsel juga menemani," ujar Syamsu Rizal di Makassar, Selasa.

Dalam kunjungannya ke tiga sekolah berbeda yakni di SMP Negeri 8 Makassar, SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 23 Makassar di mana salah satunya adalah sekolah unggulan.

Wali kota dalam peninjauannya juga memberikan semangat kepada semua siswa-siswa yang sedang melaksanakan ujian dan berharap semuanya bisa lulus dengan nilai terbaik.

"Biar susah bagaimana soalnya, kalau kita sudah belajar dan berdoa insya allah hasilnya akan memuaskan asalkan kita optimis tentunya menyelesaikan soal-soalnya," katanya.

Deng Ical -- sapaan akrab Syamsu Rizal menyatakan, dalam peninjauannya di tiga sekolah berbeda itu dirinya juga memeriksa hal-hal teknis serta berbincang-bincang dengan pihak sekolah.

Beberapa hal teknis yang ditanyakannya yakni mengenai spesifikasi jenis komputer yang disiapkan oleh pihak sekolah dan seberapa besar kecepatan komputer itu memproses soal-soal tersebut.

"Saya melihat semua persiapan sudah baik dan cukup untuk digunakan peserta UNBK. Mulai dari persyaratan teknis yang digunakan, RAM, Prosesor hingga hardisknya semua sudah mengikuti sesuai standar," ucapnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Makassar Mukhtar Tahir menyebutkan, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2017/2018 ini diikuti oleh 253 sekolah di mana 45 diantaranya adalah SMP Negeri, 159 SMP swasta dan 49 Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Ia mengaku, selama melakukan pertemuan pembahasan persiapan pelaksanaan UNBK itu, pihaknya melibatkan para kepala sekolah dan pemangku kepentingan lainnya seperti DPRD Makassar, PLN dan PT Telkom.

Disdik Makassar juga telah menggelar simulasi UNBK di seluruh sekolah yang menyelenggarakan UNBK tahun ini. Seperti di SMPN 6 Makassar yang telah menyelenggarakan simulasi pada 27 dan 28 Februari lalu.

Mukhtar Tahir menambahkan koordinasi dengan PLN dan Telkom yang menyuplai listrik dan jaringan telah dilakukan bersama DPRD Makassar untuk mengantisipasi gangguan listrik dan jaringan saat pelaksanaan UNBK.

UNBK 2018 tingkat SMP sederajat akan diselenggarakan 23 hingga 26 April 2018. Kemudian ujian susulan akan dilaksanakan 8 dan 9 Mei 2018.
 
Pewarta :
Editor: Suriani Mappong
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar