BI Sulbar gelar pelatihan penulisan berita ekonomi

id bank indonesia,bi sulbar,pelatihan penulisan berita ekonomi,redaktur senior,lkbn antara,ahmad buchori,pwi,aji

Redaktur senior LKBN Antara Ahmad Buchori memberikan materi saat pelatihan penulisan berita ekonomi yang digelar Bank Indonesia Sulbar kerja sama dengan PWI dan AJI setempat yang diikuti sejumlah wartawan di Hotel D`Maleo Kabupaten Mamuju, Kamis (26/4). ANTARA FOTO/Amirullah

Mamuju (Antaranews Sulsel) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Barat menggelar pelatihan penulisan berita ekonomi yang diikuti wartawan dari berbagai kabupaten di daerah ini.

Pelatihan wartawan Sulbar 2018 yang digelar di Hotel D`Maleo Kabupaten Mamuju, Kamis, menghadirkan redaktur senior LKBN Antara Ahmad Buchori sebagai pemateri.

Kepala Perwakilan BI Sulbar Dadal Angkoro mengatakan, pelatihan itu digelar berdasarkan hasil sinergi dan kerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) setempat.

"Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan sinergi BI Sulbar dengan PWI dan AJI, sekaligus sebagai bentuk kontribusi BI dalam rangka meningkatkan kompetensi wartawan daerah," ujar Dadal Angkoro.

Dalam menjalankan tugas di daerah, BI Perwakilan Sulbar, kata Dadal Angkoro, tidak dapat bekerja sendiri namun memerlukan dukungan seluruh "stakeholder" atau pemangku kepentingan, termasuk media massa.

"Kerja sama dengan rekan jurnalis menjadi penting dengan tujuan utama menginformasikan progres pertumbuhan dan pengendalian ekspektasi terhadap kestabilan ekonomi Sulbar," kata Dadal Angkoro.

"Ke depan, informasi tersebut diharapkan tidak hanya dapat berguna bagi masyarakat Sulbar, namun juga bagi masyarakat yang berada di luar, sehingga laju pertumbuhan investasi dapat ditingkatkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi positif," ujarnya pula.

Pelatihan itu, katanya lagi, bertujuan meningkatkan pemahaman kompetensi wartawan dalam menulis berita ekonomi yang memiliki nilai jual dan layak jual.

"Selain itu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman atas siaran pers atau berita ekonomi yang dapat dipahami oleh pembaca atau masyarakat. Kami berharap melalui pelatihan ini menjadi momentum memperkuat sinergi BI dengan seluruh wartawan di daerah, khususnya di Sulbar," ujar Dadal Angkoro lagi.

Ketua Dewan Kehormatan Daerah PWI Sulbar Sulaeman Rahman mewakili Ketua PWI menyampaikan apresiasinya kepada BI yang menyelenggarakan pelatihan berita ekonomi bagi wartawan di daerah itu.

"Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BI yang telah melaksanakan pelatihan ini, karena memang sangat dibutuhkan teman-teman wartawan untuk memperkaya pemahaman terhadap pemberitaan di bidang ekonomi. Apalagi, pelatihan ini mendatangkan pemateri redaktur senior LKBN Antara, sehingga kami berharap dapat menimba ilmu dan pengalaman beliau," kata Sulaeman Rahman.

Apresiasi juga disampaikan Kepala Biro Mamuju AJI Kota Mandar Anhar yang menyambut positif pelatihan yang digelar BI tersebut.

"Selain untuk menimba ilmu, pelatihan ini juga sebagai ajang silaturahmi teman-teman wartawan dari berbagai daerah di Sulbar. Semoga melalui pelatihan ini pemahaman teman-teman wartawan terkait berita ekonomi dapat lebih meningkat," ujar Anhar.

Redaktur senior LKBN Antara Ahmad Buchori saat memberikan materi menyampaikan sejumlah kiat dalam penulisan berita ekonomi.

Secara umum, kata Ahmad Buchori, penulisan berita ekonomi tidak jauh berbeda dengan politik, hukum, dan berita lainnya.

"Pada prinsipnya kaidah penulisannya sama seperti penulisan berita lainnya, tetapi memang pada berita ekonomi ada istilah-istilah khusus dan harus lebih dipahami," kata Ahmad Buchori.

Ia mengajak wartawan di Sulbar untuk lebih meningkatkan penulisan berita ekonomi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah itu.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar