Agar kabut asap berakhir, jamaah haji Kalteng bantu dengan doa

id heru hidayat, Ketua Umum PKS Kalteng,haji kalteng,karhutla 2019,musim haji 2019

Agar kabut asap berakhir, jamaah haji Kalteng bantu dengan doa

Jamaah calon haji Kalteng Heru Hidayat (dua kiri) bersama jamaah calon haji lainnya ikut mendoakan agar bencana kabut asap di Kalteng dan Indonesia segera berakhir. (FOTO ANTARA/Ist)

Palangka Raya (ANTARA) - Jamaah calon haji (calhaj) asal Provinsi Kalimantan Tengah turut mendoakan agar kabut asap yang melanda Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila" itu segera berakhir.

"Beragam upaya dan doa dilakukan agar terhindar dari musibah dan bencana, termasuk untuk mengurangi terjadinya kebakaran lahan dan hutan yang berdampak pada kabut asap," kata Heru Hidayat salah satu jamaah calhaj Kalteng kepada ANTARA di Palangka Raya, Kamis, saat dihubungi di Mekkah, Arab Saudi.

Menurut pria yang juga Ketua Umum DPW PKS Kalteng itu, doa tersebut merupakan bagian kepedulian masyarakat Kalimantan Tengah terhadap kondisi di daerah.

Dia pun berharap dan mengajak seluruh jamaah haji asal Kalteng selalu mendoakan agar Kalimantan Tengah khususnya, dan Indonesia umumnya  agar terhindar dari musibah dan bencana.

"Saat ini kami memang tidak bisa secara langsung melakukan pemadaman dan penanggulangan karhutla termasuk membantu menangani korban kabut asap. Namun setidaknya melalui doa-doa itu yang bisa kami lakukan," katanya.

Dia mengatakan saat ini Indonesia dan Kalteng berhadapan dengan situasi yang berpotensi terjadi musibah dan bencana, termasuk di antaranya kebakaran lahan dan hutan akibat ulah pihak tidak bertanggung jawab.

Di sisi lain, Heru yang juga seorang motivator itu mengimbau jamaah haji dari Kalimantan Tengah tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat sehingga semua calhaj bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan menjadi haji mabrur.

Ia menambahkan saat ini jamaaah calhaj yang sudah berada di Mekkah terus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melaksanakan puncak ibadah haji, yaitu wukuf di Arafah, serta ritual ibadah haji lain di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

"Semoga jamaah haji Kalimantan Tengah menjadi mabrur dan kembali berkumpul dengan keluarga serta berperan di masyarakat," demikian  Heru Hidayat.

Baca juga: Jamaah calon haji Kalteng ziarah ke makam Mbah Moen

Baca juga: Jarak pandang di Palangka Raya terbatas karena kabut asap

Baca juga: Kemenag Kalteng: Seluruh calon haji sehat

Baca juga: BNPB siap tambah helikopter atasi karhutla Kalteng

Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar