KPU Tanjungpinang tetapkan perolehan kursi peserta pemilu

id KPU,Tanjungpinang,perolehan,kursi,DPRD

KPU Tanjungpinang tetapkan perolehan kursi peserta pemilu

Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau menetapkan perolehan kursi peserta Pemilu 2019 untuk 12 partai yang memperoleh kursi di DPRD setempat.

Dari 16 partai peserta pemilu, hanya 12 partai yang memperoleh kursi di DPRD, kata Ketua KPU Tanjungpinang Aswin Nasution, di Tanjungpinang, Jumat.

Baca juga: Sejumlah caleg terpilih belum serahkan LHKPN kepada KPK

Baca juga: Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh suara terbanyak di Tanjungpinang


Aswin menjelaskan pengurus empat partai yang tidak memperoleh kursi di DPRD Tanjungpinang tetap diundang dalam rapat pleno penetapan perolehan kursi legislatif. Masing-masing peserta pemilu, termasuk partai yang berhasil mengantarkan caleg ke kursi legislatif hanya mendapat lima undangan.

"Caleg terpilih juga dapat hadir mewakili peserta pemilu. Yang pasti, masing-masing partai mendapat lima undangan," ujarnya.

Berdasarkan data perolehan suara Pemilu 2019 di Tanjungpinang, sebanyak 16 caleg terpilih merupakan wajah baru yang akan menjabat sebagai anggota legislatif 2019-2024, sedangkan 14 orang lainnya merupakan caleg petahana yang terpilih kembali.

Sebanyak 11 politisi perempuan diperkirakan duduk sebagai anggota legislatif berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019.

"Jumlah caleg perempuan pada Pemilu 2019 di ibu kota Kepulauan Riau melebihi 30 persen keterwakilan perempuan," ucapnya.

Belasan politisi perempuan yang diperkirakan duduk di DPRD Tanjungpinang sebagian merupakan wajah baru.

Sebanyak 11 politisi perempuan itu yakni Yunarni Pustoko Weni dan Sri Artha Sihombing dari PDIP, Mimmy Betty dari Golkar, Ria Ukur Rindu Tondang dari Partai NasDem, Maiyanti dari Partai Gerindra, Ismiati dari PKS, Rina Febriani dari Partai Demokrat, Reni dari Partai Hanura, Rika Adrian dari PAN, Rosiani dari PPP, dan Rini Pratiwi dari PKB.

Politisi yang bertahan duduk di DPRD Tanjungpinang yakni Mimmy Betty, Maiyanti, Ismiati, Rika Adrian dan Reni, sedangkan Yunarni Pustoko Weni merupakan mantan anggota DPRD Kepri. Sisanya merupakan wajah baru dari berbagai profesi atau pekerjaan yang akan duduk di DPRD Tanjungpinang.

"Wajah politisi perempuan ada dari 10 partai yang berhasil memperoleh kursi di DPRD Tanjungpinang," ucapnya.

Baca juga: FKUB Tanjungpinang apresiasi Pemilu berjalan aman dan damai

Baca juga: Rekapitulasi suara kecamatan di Tanjungpinang selesai hari Kamis

Pewarta : Nikolas Panama
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar