Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah foto beredar di media sosial mengenai foto pekerja yang disebut memperbaiki Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) usai peristiwa listrik mati di Jakarta-Jawa Barat- Banten pada Minggu (4/8).

Foto tersebut memperlihatkan pekerja-pekerja listrik sedang "berakrobat" berdiri seimbang di atas kabel listrik untuk melakukan perbaikan,

Klaim: Para pekerja merupakan pegawai PLN sedang melakukan perbaikan SUTET
Rating: Salah/Disinformasi

Berdasarkan penelusuran Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, foto tersebut bukanlah foto pegawai PLN melainkan pekerja sebuah perusahaan transmisi listrik di Uttarakhand, India.

Foto tersebut juga telah dibagikan sebelumnya pada 30 Juli 2018 oleh halaman Facebook perusahaan Power Transmission Corporation of Uttarakhand Limited. 

Foto tersebut kemudian didaur ulang dan dinarasikan sebagai foto dari petugas yang sedang memperbaiki SUTET di Indonesia. 
 
Tangkap layar Laporan Isu Hoaks Harian Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang foto pekerja SUTET setelah peristiwa mati listrik Jakarta-Jabar-Banten


Cek fakta: 142 juta pelanggan PLN di Jabar terdampak "blackout," ini pemulihannya

Cek fakta: Soal listrik padam, praktisi minta PLN inspeksi lebih detail lagi

Cek fakta: KKI-YLKI usul adanya panitia pembayaran ganti rugi pemadaman listrik

Cek fakta: Ombudsman soroti lemahnya PLN memberikan informasi publik

Cek fakta: Dirut PLN bantah pemotongan gaji terkait kompensasi pelanggan


 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2019