Baubau (ANTARA) - Tiga dari 11 lintasan ASDP Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, jelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah cukup ramai dipergunakan masyarakat yang ingin merayakan hari besar itu bersama keluarga.

Genaral Manager PT ASDP Cabang Baubau, Suharto, di Baubau, Sabtu, mengatakan tiga lintasan terjadi peningkatan penumpang dari hari biasa itu yakni, rute Baubau-Waara (Baubau-Buton Tengah), Labuan-Amolengu (Buton Utara-Konawe Selatan), dan Tampo-Torobulu (Muna-Konawe Selatan).

"Peningkatan dari hari biasa pada tiga lintasan itu sudah tiga hari terakhir atau sejak hari Kamis-Sabtu ini. Kondisi ramai, tapi tidak terlalu signifikan dan masih bisa teratasi," ujarnya.

Ia memprediksi kenaikan arus penumpang dari hari biasa tersebut mencapai sekitar 10-15 persen.

"Saya tambah (trip) ini lintasan Tampo-Torobulu, Labuan-Amolengu. Kalau masih terjadi antrean kita tambah trip dengan tetap melihat kondisi," ujarnya

Kondisi penumpang pada lintasan Baubau-Waara dan Tampo-Torobulu, kata dia, tidak seperti lintasan Labuan-Amolengu yang ramai berdasarkan laporan hanya pada satu sisi atau cuma dari Amolengu saja.

"Mungkin nanti setelah Lebaran Idul Adha ini dari Labuan yang akan ramai pula," ujarnya.

Dari sisi angkutan kendaraan, menurut dia, lintasan Labuan-Amolengu dan Baubau-Waara cukup seimbang, sedangkan lintasan Tampo-Torobulu berdasarkan informasi yang diterimanya kebanyakan kendaraan roda dua.

Dia juga menuturkan, dalam pelayaran pihaknya tetap mengutamakan atau memprioritaskan keselamatan dan kenyamanan sebagai wujud
menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Ini saya barusan dari lintasan habis brefing tentang keselamatan supaya jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita diinginkan. Harus sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP)," tandasnya.
 
Suasana di pelabuhan penyeberangan fery Baubau, menuju Waara. (Foto/Azis Senong)

Selain brifing dengan lintasan yang dekat seperti Baubau-Waara, kata Suharto, Ia juga melakukan brifing melalui group WhastApp (WA) dengan memberi imbauan-imbauan.

"Saya sering jelaskan karena ini sangat penting, apalagi namanya orang banyak makanya harus selalu kita ingatkan," katanya.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019