Dana CSR perusahaan dimanfaatkan untuk tiga program di Bogor

id Ade yasin, sofyan sjaf, bogor, cibinong, tjsl, csr, taman pancakarsa

Dana CSR perusahaan dimanfaatkan untuk tiga program di Bogor

Tim TJSL bentukan Bupati Bogor Ade Yasin saat melakukan rapat pemenuhan program Bogor City Beauty. (ANTARA/M Fikri Setiawan).

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Tim Fasilitator Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bentukan Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin menghimpun dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang berlokasi di kabupaten ini untuk mewujudkan tiga program pembangunan di Cibinong, Bogor..

Ketua TJSL, Sofyan Sjaf, Sabtu menyebutkan bahwa tiga program itu berupa pembangunan Tugu Tegar Beriman dan Taman Pancakarsa di Jalan Pemda Cibinong, serta pembuatan ruang publik di sekitar Stadion Pakansari Cibinong.

"Kita memfasilitasi program pemerintah yang tidak bisa dibiayai oleh pemerintah, jadi kita sounding ke perusahaan," ujarnya kepada Antara di Bogor.

Tiga bangunan itu merupakan tahap awal pemenuhan program City Beauty atau mempercantik identitas kota, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bogor tahun 2018-2023.

Sofyan Sjaf mengatakan hingga kini TJSL baru menghimpun CSR dari sebanyak 14 perusahaan dalam bentuk uang sebanyak Rp5 miliar dan material pendukung bangunan. Menurutnya, jumlah CSR yang dihimpun masih kurang untuk mewujudkan tiga bangunan tersebut. Sehingga, ia akan menghimpun CSR dari perusahaan lain.

Sementara, menggunakan dana dan material yang ada, TJSL akan memprioritaskan dua bangunan terlebih dahulu, yakni Tugu Tegar Beriman dan Taman Pancakarsa.

Seperti diketahui, Bupati Bogor, Ade Yasin membentuk TJSL lima bulan lalu untuk mengkoordinasikan dana CSR di Kabupaten Bogor. Dana CSR dari berbagai perusahaan itu lantas dikelola untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Bogor.

Pasalnya, menurut Ade Yasin potensi CSR di Kabupaten Bogor terbilang besar. Maka, akan mubazir jika pengelolaannya tidak dilakukan dengan baik.

"Jika dana CSR dikelola dengan baik bisa melebihi APBD Kabupaten Bogor," kata Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Baca juga: Bupati serahkan buku saku Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Baca juga: BKPM fasilitasi perusahaan "start up" manfaatkan dana CSR
Baca juga: Puluhan perusahaan sawit diduga tidak realisasikan CSR


Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar