112 ekor sapi kurban yang disumbangkan PT Timah Tbk tersebut dengan rincian untuk wilayah Pulau Bangka sebanyak 62 sapi. Hewan qurban tersebut kemudian disebar ke desa-desa di Belinyu, Sungailiat, Toboali, Mentok, Tempilang, Jebus dan sejumlah wilaya
Pangkalpinang (ANTARA) - PT Timah Tbk membagikan 112 ekor sapi kurban sebagai bentuk kontribusi dan komitmen perusahaan untuk membantu masyarakat di wilayah operasional perusahaan di Bangka Belitung dan Kundur dalam merayakan Idul Adha 1440 Hijriyah.

"Penyerahan sapi kurban kepada pengurus masjid dan masyarakat ini merupakan kegiatan rutin PT  Timah Tbk setiap Hari Raya Idul Adha," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Sabtu (10/8).

Ia mengatakan sebanyak 112 ekor sapi kurban yang disumbangkan PT Timah Tbk tersebut dengan rincian untuk wilayah Pulau Bangka sebanyak 62 sapi. Hewan qurban tersebut kemudian disebar ke desa-desa di Belinyu, Sungailiat, Toboali, Mentok, Tempilang, Jebus dan sejumlah wilayah lainnya.

Selain itu, BUMN pertambangan ini juga membagikan 20 sapi kurban untuk Belitung dan Belitung Timur. Kundur dan sekitarnya, PT Timah menyerahkan sebanyak 30 sapi kurban yang kemudian dibagikan untuk wilayah Kundur sebanyak 18 sapi, Karimun 7 sapi, Meranti dan sekitarnya 5 sapi.

Baca juga: Misbakhun berqurban 16 sapi di daerah pemilihannya

"Tidak hanya itu, Unit Produksi Darat Pulau Bangka yaitu Bangka Induk, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Bangka Selatan membagikan sapi kepada pengurus masjid untuk kemudian disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya," katanya.

Menurut dia, Masjid Al Furqon yang berlokasi di kompleks perumahan karyawan, dipastikan akan memotong 20 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Masjid Nurul Huda Komplek Unmet juga memotong sebanyak 14 ekor sapi dimana 5 sapi berasal dari sumbangan jamaah masjid dan 9 sapi dari CSR PT Timah.

Khusus untuk wilayah Bangka, sapi-sapi yang disebar merupakan hasil penggemukan Sapi yang dilakukan oleh PT Timah Agro Manunggal (PT TAM) yang di lahan eks penambangan timah.

"Selaku entitas negara, perusahaan akan terus melaksanakan komitmen dengan wujud yang konkrit. Sesuai dengan fungsinya, manfaat hadirnya BUMN harus terus dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahim antara PT Timah dengan masyarakat khususnya di wilayah operasional perusahaan berplat merah ini.

"Oleh karena itu menjaga silaturahim dan berkontribusi pada masyarakat adalah komitmen yang selalu dilakukan oleh Perusahaan," ujarnya.

Baca juga: 300 ekor sapi untuk Idul Adha 1440 H disiapkan Pemkab Keerom-Papua
Baca juga: Pemprov Sulsel Bagikan Hewan Kurban 76 Ekor Sapi


 

Pewarta: Aprionis
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019