Peserta SMN Jambi dibekali kemampuan tari daerah

id jambi, smn, bhun, jambi,2019,tarian, pelatihan

Peserta SMN Jambi dibekali kemampuan tari daerah

Seorang instruktur tari tengah membimbing latihan tari 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 Jambi sebelum berangkat ke Nusa Tenggara Timur (NTT). (Foto Dodi Saputra)

Jambi (ANTARA) - Sebanyak 20 siswa SMA/SMK dan tiga siswa difabel yang menjadi peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 dilatih lebih dalam lagi tentang kesenian, tarian dan nyanyian Provinsi Jambi sebelum mereka diberangkatkan ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (15/8).

Pembekalan kesenian asli Provinsi Jambi itu digelar di V Hotel V Kota Jambi, Rabu, dengan menghadirkan tiga orang pelatih kesenian dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Peserta SMN Jambi 2019 akan diberangkatkan ke Provinsi NTT untuk mengenal keberagaman daerah di sana. Peserta SMN Jambi juga akan menunjukkan kesenian serta mempromosikan daerah selama di NTT.

Baca juga: Gubernur minta peserta SMN perkenalkan kondisi Maluku

Program pertukaran pelajar merupakan kegiatan rutin yang digelar BUMN sebagai upaya membuka wawasan dan saling mengenal keberagaman daerah di Indonesia.

Tahun ini dimotori tiga perusahaan BUMN yakni PT Semen Baturaja, PTPN VI dan Jiwasraya. Nantinya setelah peserta SMN Jambi diberangkatkan ke Provinsi NTT, tiga BUMN tersebut akan memfasilitasi Siswa SMN dari NTT selama di Jambi.

Siswa/i dari SMA/SMK di Jambi tersebut sebelumnya telah mengikuti seleksi ketat yang digelar tiga BUMN tersebut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Senior Manager CSR PT Semen Baturaja Fuad Azis didampingi Bagian CSR Aprizal berharap siswa/i SMN Jambi mampu menjaga nama baik daerah, menjaga tingkah laku dan adat budaya selama di NTT.

Baca juga: PTPN IV bekali siswa mengenal nusantara kemampuan menulis karya ilmiah

"Jaga nama baik daerah. Jaga kesehatan dan jaga tingkah laku dan hormati adat budaya di sana," kata Fuad.

Selain itu ia juga berharap peserta untuk memanfaatkan kesempatan kegiatan tersebut untuk memperluas wawasan serta menjalin silaturahim dengan sesama siswa, serta memperoleh pengalaman berharga dengan mengunjungi sejumlah lokasi di Nusa Tenggara Timur.

Selain dilatih kesenian Jambi, peserta SMN juga mendapat penjelasan kegiatan SMN dan pengenalan BUMN dan Kementerian BUMN dari panitia. Peserta SMN Jambi akan diberangkatkan via Bandara Sultan Thaha Jambi pada, Kamis (15/8) dan langsung menyambut peserta SMN dari NTT.

Kemudian kegiatan peserta SMN dari NTT selama di Jambi diantaranya makam malam bersama alumni SMN 2018, mengunjungi SMA/SMK unggulan, mengunjungi perpustakaan daerah dan bedah buku diary SMN, mengikuti upacara HUT RI oleh BUMN.

Selanjutnya mengunjungi rumah kreatif BUMN, pengenalan satuan TNI dan wawasan kebangsaan di Makorem 042/Gapu dan kunjungan ke Sanggar Batik dan tempat wisata di Jambi seperti Candi Muarojambi dan Geopark Merangin, mengunjungi warga Suku Anak Dalam (SAD) serta mengunjungi kebun dan pabrik teh, kopi dan kentang Unit Usaha Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.

Peserta SMN NTT kembali ke daerah asal pada, Kamis (22/8). Begitu juga dengan peserta SMN Jambi akan tiba di Jambi pada hari yang sama.

Baca juga: Peserta siswa mengenal nusantara dibekali niai-nilai kebangsaan
 

Pewarta : Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar