ACT Bali adakan "syukuran kurban" bersama warga empat kabupaten

id ACT Bali, Pemkab Jembrana,syukuran qurban,hewan kurban,idul adha

ACT Bali adakan

Lembaga sosial-kemanusiaan ACT wilayah Bali melalui program "Global Qurban" mengadakan syukuran kurban bersama warga di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Rabu (14/8/2019). (ANTARA/HO/ACT Bali)

Negara, Bali (ANTARA) - Lembaga sosial-kemanusiaan ACT (Aksi Cepat Tanggap) wilayah Bali melalui program "Global Qurban" mengadakan "syukuran kurban" atau makan daging kurban bersama ribuan warga dari empat kabupaten/kota di Bali yakni Jembrana, Tabanan, Denpasar, dan Karangasem.

"Secara simbolis, kami menyelenggarakan syukuran di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana bersama kurang lebih 500 warga desa setempat pada Rabu (14/8) lalu," kata Marketing & Communication ACT Balu, Apiska Antoni, di Negara, Jembrana, Kamis.

Ia menjelaskan syukuran kurban ini diadakan serentak di seluruh Indonesia bersama warga dari hari pertama hari raya Idul Adha hingga hari Rabu (14/8). Program ini mengajak warga bersama-sama menikmati berkah Idul Adha dengan masak dan makan bersama warga.

Baca juga: ACT Lampung salurkan daging kurban menggunakan besek

"Ribuan warga mendapatkan daging kurban yang didistribusikan ACT Bali di desa pada empat kabupaten/kota di Bali, yakni Desa Selabih, Selemadeg Barat, KabupatenTabanan; Kota Denpasar; Desa Pengambengan, Kabupaten Jembrana; dan Desa Sidhu Sidemen Karangasem yang juga mengalami kesulitan air bersih," katanya.

Kepala Cabang ACT Bali, Arif Marsudi, dalam sambutan saat "syukuran kurban" menjelaskan Global Qurban-ACT menyalurkan hewan kurban pada 250 kabupaten di 34 provinsi se-Indonesia, bahkan hingga ke 50 negara.

"Di seluruh dunia dengan total ada 7.500.000 orang penerima manfaat secara global. Kurban melalui Global Qurban-ACT, berkahnya bahagiakan dunia," katanya dalam syukuran di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana yang dihadiri Asisten 2, I Gusti Ngurah Sumber Wijaya, mewakili Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan.

Baca juga: Komunitas koki sajikan olahan spesial di dapur kurban ACT Sumsel

Dalam sambutannya, Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan mengapresiasi program syukuran kurban ACT ini dan sangat senang dapat dilaksanakan di Desa Pengambengan. Harapannya, tahun-tahun berikutnya tetap dilaksanakan di Jembrana dengan memanfaatkan peternakan lokal sebagai pemasok hewan kurban Global Qurban-ACT di Bali.

"Jadi, manfaatnya benar-benar dirasakan oleh warga Jembrana," katanya dalam syukuran yang juga dihadiri Kasat Pol Air Hj. Edi Waluyo dan Dandim Kapten Inf Adwan, Kemenag Jembrana, Basarnas, dan tokoh masyarakat.

Dalam syukuran itu, Pemuda Banjar Muara Ketapang (IKPAM) menjadi panitia penyelenggara perhelatan syukuran kurban, sehingga direspons Pj. Perbekel Desa Pengambengan Hj. Sadikin bahwa kehadiran ACT maupun Global Qurban di desanya sangat bermanfaat bagi masyarakat dengan banyak persoalan sosial ekonomi.

Baca juga: ACT - FTI UMI sebar 1000 paket makanan melalui Dapur Qurban

Sebelumnya (8/8), ACT Bali juga melepas 11 tangki air bersih bersama Pemerintah Provinsi Bali dalam mengatasi kemarau panjang yang didistribusikan ke lokasi kesulitan air bersih di Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Buleleng.
 

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf/Gembong Ismadi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar