Pemkot Makassar segera luncurkan Aplikasi Qlue

id pj wali kota makassar,aplikasi Qlue,laporan masyarakat

Pemkot Makassar segera luncurkan Aplikasi Qlue

Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb (kanan) memantau kondisi kota melalui CCTV di Operation Room, lantai 10 Menara Balai Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (15/8/2019). FOTO/HO/Humas Pemkot Makassar. 

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan segera meluncurkan aplikasi bernama Qlue yang merupakan salah satu bentuk  media sosial guna mengajak partisipasi masyarakat melaporkan kondisi di sekitarnya.

"Aplikasi ini sangat membantu pemimpin kota agar dapat menentukan keputusan berbasis data. Data yang dihimpun termasuk data pelaporan masyarakat, kondisi lalu lintas, kemiskinan, insiden, pajak dan sebagainya," ujar Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb di Makassar, Kamis.

Melalui aplikasi ini, warga Makassar dapat melaporkan kondisi lingkungan seperti sampah, banjir, kemacetan, jalan rusak, kebakaran, dan lain-lain, ujarnya.

Selain itu, setiap laporan dapat dipantau progresnya untuk memastikan semua keluhan yang disampaikan segera ditindaklanjuti tim dinas terkait.

Ia juga mengatakan di sela kunjungannya di Operation Room lantai 10, Menara Balai Kota, dengan adanya Qlue yang digunakan secara masif, Pemkot Makassar dapat menghimpun dan memvisualisasikan data sehingga bisa menghasilkan kebijakan dan tindakan yang lebih efektif.

Aplikasi Qlue nantinya usai diluncurkan  dapat diunduh oleh pengguna Android dan AppStore.

Selain itu, aplikasi ini akan banyak memberikan masukan seperti memperbaiki puluhan kamera CCTV milik Kota Makassar yang tidak berfungsi. Misalnya yang berada di Jalan Arief Rate, Batu Putih, BTP, Karebosi dan beberapa titik sentral lainnya.

Ia juga meminta dua hari ke depan, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar agar memunculkan itext di layar operation room.

"Tadi bapak Pj Wali Kota mau melihat langsung berapa realisasi pajak tiap harinya secara real di layar operation room ini sehingga bisa langsung memantau," kata Kepala bidang informasi dan komunikasi publik Pemkot Makassar, Ade Ismar Gobel menambahkan.

Baca juga: Qlue gelar Smart Citizen Day, soroti peran warga ciptakan Smart City
Baca juga: Qlue tetap jadi solusi masyarakat Jakarta siapa pun pemimpinnya

 

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar