Pendaki rayakan HUT Kemerdekaan Indonesia di Gunung Papandayan

id Garut, papandayan, HUT RI

Pendaki rayakan HUT Kemerdekaan Indonesia di Gunung Papandayan

Sejumlah pendaki berjalan di kawasan objek wisata Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (17/08/2019). (Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Sejumlah pendaki merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di kawasan wisata alam Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu, untuk mencari suasana baru merenungi hari kemerdekaan di alam terbuka.

Seorang pendaki dari Jakarta, Angga Nur mengatakan, sengaja mencari suasana baru dalam merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia dengan berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Papandayan.

"Saya sengaja datang ke sini dalam rangka hari kemerdekaan karena bertepatan dengan libur akhir pekan," kata Angga.

Pendaki lainnya asal Kota Tasikmalaya, Erwin mengatakan, sengaja mengisi libur HUT Kemerdekaan Indonesia dengan mendaki Gunung Papandayan bersama anak dan istri.

Pendakian itu, kata dia, sudah lama direncanakan untuk mengenalkan alam kepada anak sekaligus mengajarkan tentang bersyukur memiliki alam Indonesia yang indah.

"Saya sengaja bawa anak ke Papandayan untuk mengenalkan alam bahwa Gunung Papandayan itu bagus," katanya.

Pendaki lainnya yang merayakan hari kemerdekaan di Gunung Papandayan, Dewi mengatakan, sengaja datang bersama teman-teman untuk menikmati alam di hari kemerdekaan Indonesia.

"Saya ketiga kalinya datang ke sini, dan tempat ini menjadi destinasi favorit di Garut," kata Dewi warga Bayongbong, Garut.

Direktur PT Asri Indah Lestari (AIL), Tri Persada mengatakan, setiap libur HUT Kemerdekaan Indonesia selalu ramai oleh pendaki atau pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan alam.

Momentum HUT Kemerdekaan Indonesia itu, kata dia, PT AIL menyelenggarakan rangkaian acara mulai dari pengibaran bendera di puncak gunung, kemudian di halaman utama Taman Wisata Alam Gunung Papandayan.

"Jadi pagi kita adakan agenda untuk upacara di atas gunung memperingati kemerdekaan dengan petugas dari pengelola, dan peserta dari pengunjung," katanya.

Ia menyampaikan, PT AIL berupaya mengambil peran untuk memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia dengan melaksanakan upacara secara hikmat, kemudian acara hiburan dan perlombaan yang dapat diikuti oleh pengunjung maupun warga sekitar.

Ia berharap, agenda tahunan merayakan kemerdekaan Indonesia di alam Gunung Papandayan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan yang telah memberikan alam yang indah, dan memberikan manfaat untuk kehidupan manusia.

"Kita sudah diberikan alam yang begitu luar biasa, tentunya kita harus bisa merdeka dengan alam yang kita miliki," katanya.

Baca juga: Seribu lebih pendaki rayakan kemerdekaan di Gunung Kerinci
Baca juga: 200 pendaki upacara kemerdekaan di Rinjani
Baca juga: Ribuan pendaki berupacara 17 Agustus di Semeru

Pewarta : Feri Purnama
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar