Siswa kibarkan bendera raksasa saat HUT ke-74 RI di Garut

id Hut RI, SMKN 1 Garut, garut, bendera

Siswa kibarkan bendera raksasa saat HUT ke-74 RI di Garut

Sejumlah siswa membentangkan bendera merah putih ukurann raksasa saat memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman SMKN 1 Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (17/08/2019). (Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Sejumlah siswa mengibarkan bendera merah putih berukuran raksasa dengan panjang 40 meter dan lebar 10 meter dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu.

Kepala SMKN 1 Garut Dadang Djohar Arifin mengatakan, sekolah sengaja membuat bendera ukuran raksasa itu secara mendadak dalam kurun waktu satu hari untuk selanjutnya dibentangkan bersamaan dengan upacara memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia di sekolah.

"Kami inisiatif buat bendera yang besar dalam memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia," kata Dadang.

Ia menuturkan, bendera raksasa itu dikibarkan oleh beberapa siswa dengan peserta upacara dari kalangan siswa, guru dan staf SMKN 1 Garut.

Upacara dengan membentangkan bendera raksasa itu, kata dia, merupakan pertama kali dilaksanakan SMKN 1 Garut, kegiatan tahun-tahun sebelumnya hanya upacara seperti pada umumnya.

"Baru pertama kali kami lakukan pengibaran bendera yang besar ini, gagasan ini juga untuk menyebarkan rasa patriotisme dan spirit kemerdekaan kepada siswa," katanya.

Bendera tersebut menutupi bagian gedung sekolah yang dibentangkan oleh 10 orang, mereka berperan memegang bagian bawah bendera agar tidak tersapu angin.

Pemimpin upacara, Aulia Darma Putra (16) mengatakan, sempat kesulitan untuk membentangkan bendera raksasa itu, namun akhirnya dengan semangat kebersamaan akhirnya bisa terbentang secara utuh.

Ia mengaku bangga bisa membentangkan bendera merah putih ukuran raksasa di HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia sehingga menjadi motivasi untuk memiliki semangat dan cita-cita yang besar.

"Tentu merasa bangga bisa memimpin upacara dan mengibarkan bendera raksasa, dan ini bisa membawa nama baik sekolah," katanya. 

Baca juga: Bendera Merah Putih raksasa diarak di Rengasdengklok
Baca juga: Bendera raksasa siap berkibar di Jembatan Kapuas
Baca juga: TNI pasang bendera raksasa di Gunung Pawa

Pewarta : Feri Purnama
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar