Ariya siap pertahankan gelar, meski 2019 lebih kompetitif

id tour indonesia,borobudur,balap sepeda,Ariya Phounsavath

Ariya siap pertahankan gelar, meski 2019 lebih kompetitif

Ariya Phounsavath (ANTARA/ddn)

Magelang (ANTARA) - Juara bertahan kategori umum dan tanjakan Tour de Indonesia Ariya Phounsavath mengaku siap mempertahankan gelar dalam lomba balap sepeda grade 2.1 yang pada 2019 akan dimulai Senin dengan start di Candi Borobudur.

"Tahun ini tentu lebih kompetitif, tapi saya yakin bisa. Bukan semata mata untuk saya, tapi untuk kemenangan tim. Saya mengutamakan tim," kata pebalap asal Laos yang memperkuat Thailand Continental Cycling Team itu di Magelang, Minggu.

Dengan tim yang sama tahun lalu, Ariya merasa optimistis menjuarai BRI TdI 2019 yang akan menempuh lima etape.

"Pastinya lebih yakin karena di tim saya terdiri dari climber-climber hebat. Apalagi rute tahun ini lebih banyak tanjakan dibanding tahun lalu," kata dia.

TdI 2019 yang terdiri dari lima etape akan menempuh jarak 825,2 km. Tiga dari lima etape itu memang banyak ditandai rute tanjakan, bahkan pada etape kedua dan kelima terdapat tanjakan berkategori super sulit (first climb).

Baca juga: Projo Waseso akan optimalkan dua rute mendatar

Dengan kondisi seperti itu, Ariya yang jago tanjakan merasa yakin bisa mempertahankan predikat juara umum sekaligus dinobatkan sebagai jago tanjakan.

Ariya Phounsavath menjuarai balap sepeda Tour de Indonesia (TdI) 2018. Selain menjadi juara untuk klasemen umum, pebalap asal Laos ini juga menyandang predikat Raja Tanjakan.

Bank BRI Tour d’Indonesia 2019 akan diikuti oleh 18 tim, termasuk posisi pertama pada peringkat sementara UCI Asia Tour dan UCI Africa Tour, dengan pembalap dari 23 negara.

Foolad Mobarakeh Sepahan menjadi tim terakhir yang memastikan ambil bagian untuk menggantikan Tim Nasional Iran. Sementara itu, dua tim, yakni Vino-Astana Motors dan Brunei Continental Cycling Team mengundurkan diri. Sebagian peserta seperti tim Taiyuan Miogee dan X-Speed United Continental bahkan sudah tiba di Magelang sejak Kamis, 15 Agustus 2019.

Selain peringkat pertama UCI Asia Tour, Team Sapura Cycling dan peringkat pertama UCI Africa Tour, ProTouch Continental Pro Cycling, tiga tim penghuni 10 besar UCI Asia Tour juga ambil bagian.

Baca juga: Woro Fitrianto lengkapi skuat timnas untuk Tour d'Indonesia 2019

Pewarta : Dadan Ramdani
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar