Setelah berkunjung ke RKB, Peserta SMN semangat ingin jadi pengusaha

id smn, siswa mengenal nusantara, rkb bni

Setelah berkunjung ke RKB, Peserta SMN semangat ingin jadi pengusaha

Peserta SMN 2019 dari Bali saat berkunjung ke RKB BNI Pontianak (dedi)

Pontianak (ANTARA) - Salah seorang peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Bali, Tu Ayu Rani Puspitasari, usai mengikuti kunjungan ke Rumah Kreatif BUMN (RKB) BNI Pontianak mengaku tambah semangat untuk menjadi pengusaha.

“Setelah mendengar informasi tentang RKB dan informasi kegiatan usaha lainnya saya tambah semangat ingin menjadi pengusaha. Saya sebagai generasi muda memang harus lebih kreatif dalam menciptakan usaha baru untuk memajukan Indonesia,” ujarnya di Pontianak, Senin.

Terkait RKB ia mengaku ini merupakan pengamalannya yang pertama ke RKB BNI meskipun di Bali juga ada.

“Meski di Bali juga ada RKB saya cuma saya belum pernah ke sana, sebelumnya saya tahunya hanya dari internet. Tapi sekarang sudah tau apa itu rumah kreatif dan tujuannya,” papar dia.

Sementara itu, Guru Pendamping Peserta SMN Bali, Made Dewi yang berprofesi guru ekonomi berharap dengan kunjungan ke RKB BNI lebih semangat lagi untuk menyalurkan bakat usahanya sehingga bisa jadi pelaku usaha yang sukses.

“Zaman sekarang kan sudah bukan zaman nya lagi untuk jadi pegawai, tapi harus sudah bisa membuat usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan ,” sebut dia.

Terkait RKB sendiri ia mengaku baru tahu bahwa ada wadah yang disediakan oleh pemerintah untuk melatih, membina, mengembangkan kreatifitas anak – anak muda.

“Semoga BUMN bisa semakin banyak membuat program yang bisa dirasakan langsung oleh pelajar maupun masyarakat seperti kegiatan SMN ini,” harap dia.

RKB BNI Pontianak menjadi satu di antara tujuan kunjungan dari program SMN yang digelar di Kalbar. Untuk panitia penyelenggara kegiatan SMN di Kalbar sendiri dari PTPN XIII, Akrindo, Perindo dan PGN serta Kimia Farma.

Total peserta SMN 2019 ini terdiri 25 siswa dari Bali dan pendampingnya. Dalam kunjungan ke RKB BNI Pontianak disambut langsung oleh Pemimpin BNI Wilayah Banjarmasin Bidang Layanan Area Kalbar, Kartiko Sri Wijayanto. Kemudian dihadiri juga dari Disdikbud Kalbar, Disperindokop UMKM Kalbar, PLUT Kalbar dan jajaran BNI Pontianak.

Program SMN itu sendiri merupakan rangkaian kegiatan program BUMN Hadir Untuk Negeri, yang digagas Kementerian BUMN untuk menyambut HUT RI Ke-74. Program SMN memiliki tujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada pelajar. Program SMN ini sudah memasuki tahun kedua sejak dimulai pada 2018.

Baca juga: Peserta SMN Gorontalo kunjungi PTPN XI PG Pagottan Madiun

Baca juga: SMN 2019 Babel belajar tari tradisonal Molulo Suku Tolaki

Baca juga: Program SMN tumbuhkan rasa percaya diri siswa berkebutuhan khusus

 

Pewarta : Dedi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar