Gubernur Riau sambut 450 haji kloter 2

id Kemenag Riau

Gubernur Riau sambut 450 haji kloter 2

Gubernur Riau Syamsuar

Kota Pekanbaru (ANTARA) -
Gubernur Riau Syamsuar, Senin (19/8) di Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, menyambut kedatangan 450 haji kloter 2 yang telah selesai menjalankan rukun Islam kelima itu.

"Atas nama Pemprov Riau dan seluruh unsur PPIH EHA Riau saya mengucapkan selama datang kepada jamaah haji asal Pekanbaru yang tergabung dalam kloter pertama BTH Batam 02, semoga menjadi haji yang mabrur," kata Syamsuar di EHA Riau, Senin (19/8).

Selanjutnya Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya dua haji asal Pekanbaru di tanah suci.

"Semoga arwah para syuhada, Husnul khotimah dan mendapat tempat terbaik disisiNya, serta keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran dan keikhlasan," kata Syamsuar.

Ia juga mengharapkan seluruh haji yang sudah pulang ke tanah air, mendapatkan predikat haji mabrur dan bisa menjadi contoh serta ketauladanan di masyarakat dan lingkungan masing masing.

Baca juga: Lima bandara AP II siap sambut 233 penerbangan haji

"Pertahankan dan peliharalah predikat haji mabrur dan mabrurah ini dalam sikap dan perbuatan kehidupan sehari hari. Cerminan sikap haji mabrur merupakan sebuah cara dan momentum bagi jamaah untuk meningkatkan amal ibadah, khususnya kepedulian terhadap saudara kita yang masih berada dibawah garis kemiskinan," katanya.

Selain itu, apresiasi yang tinggi kepada seluruh petugas kloter BTH 02, TPHI, TPIHI, TPHD, TKHD yang telah memberikan kontribusi terbaiknya kepada jamaah. Semoga seluruh tugas dan tanggung jawab petugas menjadi nilai ibadah disisi Allah SWT.

Ketua kloter Dr Rialis Muhammad Shaleh, menyebutkan, JH kloter BTH 02, mendarat dengan selamat di Bandara Hang Nadim Batam Kepri, pada Minggu malam pukul 20.00 WIB.

Setelah menunggu beberapa menit pada pukul 24.30 WIB jamaah haji memasuki pesawat menuju SSQ II dengan 3 kali penerbangan, dimana masing masingnya batas waktu hanya 15 menit. Sebelumnya jamaah diberangkatkan dari Mekkah menuju Jeddah pada Sabtu (17/08) pukul 22.00 WAS menggunakan 10 armada bus.

"Jamaah sampai di Jeddah pukul 00.00 WAS malam, langsung disuguhkan makan malam, setelah istirahat beberapa jam jamaah pun mulai mengantre masuk ruang tunggu keberangkatan," katanya.

Ia menjelaskan, Kloter BTH 02 jumlah awal keberangkatan 448 orang dan meninggal dunia 2 orang, namun karena ada yang tanadzul dua jemaah dari kloter BTH 04 atas nama Abdul Wahid dan istrinya Yenny Susmita. Sehingga, jumlah jamaah kembali utuh seperti awal keberangkatan sebanyak 450 jamaah termasuk petugas.

Tercatat jamaah haji yang menggunakan kursi roda pada kloter ini sebanyak 18 orang akibat kelelahan.

Setelah mendapat pengarahan dari Gubernur, jamaah haji langsung menuju halaman aula dan menaiki bus masing masing. Mereka akan diangkut ke Kemenag Kota Pekanbaru untuk shalat shubuh berjamaah, mengambil air zam zam dan dijemput keluarga kembali ke rumah masing masing.

Baca juga: Gubernur Sulsel sambut jamaah haji kloter 1
Baca juga: Ditjen Imigrasi siapkan "counter" khusus sambut jemaah haji

 

Pewarta : Frislidia
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar