446 haji asal Inhil tiba di debarkasi antara Pekanbaru

id Kemenag Riau

446 haji asal Inhil  tiba di debarkasi antara Pekanbaru

Bupati Inhil, Muhammad Wardan saat melepas 119 Jamaah Calon Haji (JCH) kloter 20 asal Kabupaten Inhil menuju embarkasi antara Provinsi Riau di Pekanbaru, Senin (22/7) malam. ANTARA/Dokumen

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 446 haji asal Kabupaten Inderagiri Hilir yang tergabung dalam kloter 3 debarkasi Batam, sudah tiba di debarkasi haji antara Riau di Pekanbaru, Selasa.

"Atas nama pemerintah kami mengucapkan selamat kembali pulang dari ibadah haji, semoga bapak ibu semua menjadi haji yang mabrur," kata Bupati Inhil, Haji Wardan saat menyambut jamaah haji di Pekanbaru, Selasa.

Pada kesempatan itu, Bupati Inhil juga meminta jamaah haji untuk menyebarkan kebaikan di wilayah masing-masing dan mampu menjaga citra sebagai Muslim.

Baca juga: Jamaah haji Embarkasi Batam yang meninggal capai 20 orang

Menurut dia, bagaimanapun, perasaan atau perilaku jamaah haji sepatutnya berubah setelah melaksanakan ibadah haji, atau menjadi lebih baik, bisa diterapkan di lingkungan masing-masing dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ia mengatakan, perjalanan panjang 41 hari ini, tentu sudah ditempa dengan sholat rutin berjamaah, semoga kebiasaan itu tetap dipertahankan dalam kehidupan dan hubungan silaturrahim yang sudah terjalin selama di tanah suci, selalu tetap terjaga.

"Insyaa Allah setelah sampai di kampung halaman akan berpisah, semoga seluruh jemaah bisa tetap menjalin hubungan ikatan yang sudah terbangun ini, tetap jalin komunikasi satu sama lain sehingga ukhuwah semakin erat," katanya.

Bupati juga menyampaikan belasungkawa yang dalam atas wafatnya JH Subli di Madinah.

Baca juga: Pemko Pekanbaru segera gelontorkan dana bantuan haji

"Semoga almarhum mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT, mari kita kirimkan bacaan Al Fatihah untuk almarhum," katanya.

Bupati sembari memimpin bacaan Al Fatihah di hadapan seluruh JH menyebutkan untuk JH yang masih sakit dan dirawat di Mekkah semoga cepat sehat dan bisa kembali ke tanah air dengan selamat.

Ia menyebutkan jamaah yang berangkat semula utuh 450 orang, sudah termasuk petugas. Namun yang pulang ke Batam 448 orang karena seorang jamaah meninggal dan satu lainnya harus dirawat di Annur Hospital karena masih sakit. Sehingga total jamaah ke Pekanbaru sebanyak 446 orang.

Koordinator Penerimaan dan Pemberangkatan Jemaah Haji PPIH Riau HM Saman S Sos MSi menyampaikan doa selamat kepada jamaah haji agar menjadi haji yang mabrur.

Baca juga: Jamaah calon haji Pekanbaru kedapatan membawa benda tajam

Pewarta : Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar