447 jamaah haji kloter 05 sudah mendarat dengan selamat di Batam

id Kanwil Kemenag Riau

447 jamaah haji kloter 05 sudah mendarat dengan selamat di Batam

Jamaah Haji Debarkasi Batam menunggu waktu pemulangan ke daerah masing-masing. (Naim)

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 447 Jamaah Haji  Kloter 5 Debarkasi Batam mendarat di Batam dengan selamat setelah melewati sembilan jam perjalanan udara dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 08.00 pagi Waktu Arab Saudi.

"Setelah melalui perjalanan panjang sekitar lebih kurang 9 jam, 447 jamaah haji mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, pada pukul 20.45 WIB dengan selamat (21/8)," kata Pranata Humas Ahli Muda, Kanwil Kemenag Riau, Vehtria Rahmi, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Rahmi, seperti dilaporkan Ketua kloter BTH-05, Ahmad Jupendri bahwa proses pendorongan jamaah haji Sektor 1 Makkah, dari Mekkah ke Jeddah menggunakan armada bus. Jamaah berangkat dengan 10 armada bus Abu Sarhad dan bus pertama berangkat pukul 23:34 WAS dan bus terakhir pukul 23:36 waktu Arab Saudi.

Ia menyebutkan, semula jamaah haji asal Kota Pekanbaru dan Dumai awalnya berjumlah 440 orang, karena ada jamaah yang ditunda berangkat dan akhirnya diterbangkan dalam kloter BTH 09 sehingga menyisakan 338 orang.

Selama 20 hari menjalani ibadah haji di Arab Saudi, dua orang mengalami tunda pulang tersebut adalah Azwir dan Nurdianis Dahlan Yahya bergabung kembali ke kloter awal BTH 05, sehingga total jamaah BTH 05 menjadi 440 orang.

Menjelang kepulangan, tercatat tiga orang  "tanazul" awal dari Jambi, sehingga jamaah seluruhnya menjadi 443 orang. Namun sekitar sejam jelang terbang ke tanah air jamaah Azwir yang sempat dirawat dinyatakan tidak layak terbang oleh dokter bandara King Abdul Aziz Jeddah, akhirnya tidak jadi diterbangkan.

Jamaah yang diterbangkan ke Tanah air termasuk dengan jamaah tanazul awal menjadi 442 orang jamaah, namun .belum termasuk petugas kloter, dan jika dijumlahkan jamaah yang mendarat di Batam menjadi 447 orang.

TKHI dokter Nanda Utama Suardi didampingi Yuhendri Syamsir Ali Akbar menyebutkan selama di perjalanan dari Jeddah ke Bandara Hang Nadim Batam, dominan jamaah dalam kondisi stabil. Memang ada sekitar 5 orang  yang berobat dengan obat generik, karena ada yang demam dan diare.

Sebelumnya jamaah ini berangkat dari Hotel Alzlier 108 Sektor 1 Mekkah pada Selasa (20/08) pukul 23:15 WAS dan tiba di Bandara Jeddah pada Selasa pukul 01:00 waktu Arab Saudi.

Dokter Nanda menyebutkan, jamaah yang tergolong beresiko tinggi mencapai 365 orang terdiri atas laki-laki 173 orang dan perempuan 192 orang. Hingga saat ini, Jamaah yang masih dirawat pada KKHI hanya 1 orang yakni Azwir.

Baca juga: Jamaah Kloter 1 Debarkasi Batam tiba di Tanah Air
Baca juga: Dilarikan ke RSBP Batam jamaah haji asal Lingga yang pingsan

 

Pewarta : Frislidia
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar