Wali kota Paris ikut kecam pembakaran hutan Amazon

id Hutan Amazon, kebakaran hutan Amazon,C40 Cities

Wali kota Paris ikut kecam pembakaran hutan Amazon

Pengunjuk rasa memegang poster bertuliskan nama suku-suku pribumi Amazon dalam unjuk rasa terkait kebakaran hutan Amazon di Sao Paulo, Brazil, Jumat (23/8/2019). Mereka menuntut perlindungan lebih atas hutan hujan Amazon. ANTARAFAOTO/REUTERS/Nacho Doce/foc.

Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Paris Anne Hidalgo yang juga merupakan Ketua C40 Cities mengecam tindakan yang pembakaran hutan Amazon di Brazil sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan.

“‘Paru-paru’ planet tempat kita berbagi hidup sedang terbakar. Hutan hujan Amazon merupakan salah satu salah ‘obyek’ umum yang paling penting dari kemanusiaan, dan sedang dibakar karena perilaku yang tidak bertanggung jawab dari sejumlah kecil politisi internasional dan eksekutif perusahaan,” kata Hidalgo dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta, Sabtu.

Keserakahan dari para pemimpin ini, menurut dia, akan berdampak pada seluruh umat manusia dengan mempercepat krisis iklim global. Tidak dapat dihindari bahwa mereka yang paling tidak mendapat manfaat dari hasil kegiatan ilegal ini yang akan menanggung dampak terbesar dari dunia yang semakin cepat memanas.

Ini termasuk ancaman langsung terhadap masyarakat adat di Lembah Amazon, serta warga lanjut usia, rentan dan termuda di kota-kota dunia yang akan paling menderita akibat bencana terkait iklim di tahun-tahun mendatang, ujar Hidalgo.

Baca juga: UNEP sebut Hutan Amazon benteng alami lawan perubahan iklim

Baca juga: Gambut Indonesia sama pentingnya dengan hutan Amazon


Ia menegaskan penyebab kebakaran yang terjadi di Amazon adalah kejahatan melawan kemanusiaan dan mereka yang memang bertanggungjawab harus mau mempertanggungjawabkannya.

Itu termasuk pimpinan politik yang tidak beraksi atau melakukan pengabaian sehingga memungkinkan budaya degradasi lingkungan berkembang, lanjutnya.

Hakim di wilayah hukum di seluruh dunia, menurut dia, harus diberdayakan untuk membawa siapa pun yang dinyatakan bersalah menghancurkan “obyek-obyek” umum kemanusiaan ke pengadilan. Itu termasuk para pemimpin politik yang lamban atau menelantarkan sehingga memungkinkan budaya degradasi lingkungan berkembang.

Saat walikota dari lebih dari 50 kota terkemuka dunia bersiap untuk berkumpul di Kopenhagen untuk Konferensi Tingkat Tinggi Walikota Dunia C40 pada Oktober, dia menyatakan akan mengerjakannya bersama rekan-rekan dari kota saya,” ujar dia.

“Saya menyerukan pertemuan internasional yang mendesak, di bawah naungan PBB, untuk mengambil semua tindakan, tindakan dan sanksi yang diperlukan untuk menghentikan bencana kemanusiaan ini," katanya.

Diingatkannya, tubuh manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa paru-paru yang sehat, dan planet kita bersama tidak berbeda. "Untuk keadilan iklim; untuk anggota masyarakat kita yang paling rentan, untuk masa depan yang kita inginkan, kita harus bertindak sekarang,” kata Hidalgo.*

Baca juga: Presiden Brazil: Tentara akan bantu padamkan kebakaran Amazon

Baca juga: Kebakaran hutan Amazon dikhawatirkan picu lonjakan emisi karbon global


Pewarta : Virna P Setyorini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar