New York (ANTARA) - Pegiat iklim Greta Thunberg dijadwalkan berlayar ke Pelabuhan New York pada Rabu dengan kendaraan emisi nol karbon, untuk melengkapi perjalanannya selama 14 hari dari Inggris guna menghadiri KTT Iklim PBB di New York September.

Remaja Swedia yang berusia 16 tahun itu, yang berlayar dari Plymouth, Inggris pada 14 Agustus, mencuri perhatian internasional tahun lalu, ketika ia mulai absen sekolah pada Jumat untuk memprotes lambannya pemerintah terhadap perubahan iklim sekaligus menginspirasi pemuda di seluruh dunia untuk melakukan hal serupa.

"Daratan! Lampu-lampu Long Island dan New York City di depan," cuit Thunberg sekitar pukul 04.00 waktu setempat pada Rabu. Ia mengunggah gambar titik kecil cahaya di gelapnya cakrawala.

Bukannya menggunakan pesawat yang membakar bahan bakar dan berkontribusi terhadap polusi karbon di atmosfer, Thunberg memilih melakukan perjalanan trans-Atlantik bebas emisi karbon dengan berlayar bersama Malizia, kapal balapan yang dilengkapi panel surya dan turbin bawah air yang menghasilkan listrik.

Kapal itu tidak memilik pancuran untuk mandi atau toilet, dan mereka yang berada di kapal termasuk ayah Thunberg dan anggota kru berencana mengkonsumsi makanan kering beku selama perjalanan.

Selain KTT Iklim PBB di New York, Thunberg berniat akan bergabung dengan konferensi perubahan iklim COP 25 di Santiago, Chile pada Desember.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pegiat iklim berusia 16 tahun arungi Atlantik ke KTT PBB di AS

Baca juga: Pegiat iklim kacaukan kota Inggris dengan 'pemberontakan musim panas'

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019