Pada akhirnya kondisi tersebut memicu kurangnya zat besi dalam tubuh sehingga mengakibatkan terjadinya anemia,
Nunukan (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia selaku koordinator kampanye nasional penurunan prevalensi stunting menyelenggarakan Forum Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis.

Hal itu untuk mengedukasi para remaja untuk lebih peduli akan permasalahan stunting.

"Saat ini masih banyak remaja yang tidak memperhatikan kebutuhan gizinya. Pola konsumsi gizi pada remaja saat ini rata-rata kurang terarah," kata Kasubdit Informasi dan Komunikasi Kesehatan, Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia, Kemenkominfo, Marroli J. Indarto di Nunukan, Kamis.

Menurutnya banyak remaja putri yang menjalani diet tidak sehat karena terobsesi memiliki tubuh langsing, sehingga mereka lupa mengonsumsi gizi yang seimbang.

Pada akhirnya kondisi tersebut memicu kurangnya zat besi dalam tubuh sehingga mengakibatkan terjadinya anemia.

Baca juga: Pemprov Kalbar ajak seluruh perangkat daerah turunkan angka stunting

"Anemia bisa memperburuk kondisi dan jika gizi remaja putri tidak diperbaiki, maka di masa depan akan banyak calon ibu hamil yang kekurangan energi kronis memperbesar risiko anak yang dilahirkannya terkena stunting," kata Marroli.

Melalui Forum Sosialisasi Genbest, para peserta yang terdiri dari para remaja putri dari 10 desa prioritas stunting di Kabupaten Nunukan, para perwakilan siswa dan siswi SMA dan SMK, perwakilan mahasiswa dan mahasiswi Universitas maupun Sekolah Tinggi.

Serta anggota komunitas di Kabupaten Nunukan akan mendapatkan edukasi seputar stunting, wawasan pemenuhan gizi yang seimbang, dan cara menjalani pola hidup sehat.

Baca juga: BPPT kembangkan Purula cegah stunting

Kominfo juga berharap dengan adanya Forum Sosialisasi Genbest ini, para remaja Nunukan juga dapat menjadi agen komunikasi.

Terutama dalam mensosialisasikan dan mengomunikasikan mengenai pencegahan stunting kepada teman-teman sebaya mereka, baik melalui tatap muka maupun melalui sosial media, katanya.

Baca juga: Kementerian Kominfo gandeng milenial sosialisasi "Genbest"

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019