Pihaknya mengharapkan agar kedepannya penerimaan kedatangan warga asing ke Bali lebih selektif lagi dan juga untuk tidak mengejar kuantitas tetapi kualitas juga perlu diperhitungkan.
Badung (ANTARA) - Warga asing asal Australia, Rick O'Miara (26) yang beberapa waktu lalu videonya sempat viral karena buang air kecil di depan sebuah pertokoan Jalan Baypas Ngurah Rai, kini telah diamankan pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung.

"Iya hari ini sudah ditemukan  bule itu, dan posisinya sekarang di imigrasi, paspornya juga sudah ditemukan sekitar hotelnya yang ada di dekat Kampung Kepiting," kata Kepala Satpol PP Badung, I Gusti Agung Kerta Suryanegara, Badung, Kamis.

Beberapa waktu lalu, pihak satpol PP sempat kehilangan jejak Rick O'Miara, namun hari ini bisa ditemukan di depan pertokoan dalam posisi terlentang. Sebelumnya, warga asing asal Australia ini ditangkap oleh petugas Jagabaya (petugas keamanan di Desa) karena tidak membayar makan dan langsung pergi.

"Jadi dia makan di warung dan langsung pergi, terus diteriakin sama pedagangnya, dan ada Jagabaya disana, lalu diteriakin sampai si bule ini ditangkap," jelasnya.

Baca juga: Gubernur: pulangkan wisatawan yang melecehkan Bali

Baca juga: Bule-bule kebanyakan ingin lihat ini di Indonesia

Baca juga: Sudikerta minta aparat usut bule naik tempat suci di pura Bali


Setelah ditangkap pihak Jagabaya, lalu Rick O'Miara dibawa oleh pihak Satpol PP untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan pihak Imigrasi. Setelah dua jam berselang, bule Australia ini baru bicara identitas dan paspornya.

"Kemungkinan, paspornya ini ditahan pihak hotel tempat dia menginap, karena dia nggak bisa bayar hotel dan juga makannya, sekarang oleh pihak Imigrasi akan melakukan koordinasi dengan Kedutaan Australia," ujar Suryanegara.

Dalam minggu ini, pihaknya mengaku telah menangani warga asing di Bali, tiga hari berturut - turut, mulai dari  menjadi pengemis hingga pura - pura dalam kondisi mabuk.

"Kemarin orang stress, dua hari lalu, karena stress juga, bayangin aja dalam seminggu ada tiga kali kasus kayak gini, saya rasa, bule datang kesini cuma bermodal tiket pulang pergi aja, karena disini juga nggak jelas, ada yang ngemis, gepeng, pura - pura mabuk," katanya.

Pihaknya mengharapkan agar kedepannya penerimaan kedatangan warga asing ke Bali lebih selektif lagi dan juga untuk tidak mengejar kuantitas tetapi kualitas juga perlu diperhitungkan.
 

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019