Secara keseluruhan situasi relatif kondusif walaupun masih ada sekelompok orang yang tidak puas, sehingga mereka masih berjaga-jaga di sekitar areal tempat tinggalnya.
Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Rudolf Rodja meminta pelaku usaha pada Sabtu (31/8) membuka kembali usahanya dan aparat keamanan siap mengamankannya.

"Silakan membuka kembali usahanya sehingga perekonomian kembali berputar. TNI-Polri siap menjamin keamanan warga dan pelaku usaha," ujar Irjen Rodja, di Jayapura, Jumat malam.

Dia menyatakan, secara keseluruhan situasi relatif kondusif walaupun masih ada sekelompok orang yang tidak puas, sehingga mereka masih berjaga-jaga di sekitar areal tempat tinggalnya.

"Untuk oknum provokator masih diselidiki dan tim sedang bekerja," kata Rodja, seraya menyatakan ada pihak yang memprovokasi sehingga para pendemo melakukan perusakan terhadap instalasi milik pemerintah, rumah dan tempat usaha warga.

"Kami sangat menyesali aksi demo yang berakhir anarkis," kata Irjen Rodja pula.
Baca juga: Papua terkini - Presiden pimpin rapat terbatas soal Papua

Menurutnya, saat ini Mabes Polri sudah mengirim sekitar 1.250 personel Brimob, dibantu 300 personel TNI yang akan dikerahkan untuk mengamankan Jayapura.

TNI-Polri saat ini sedang melakukan patroli gabungan, kata Kapolda Papua Irjen Rodja pula.
Baca juga: Papua Terkini - Solidaritas Melanesia tolak referendum Papua

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019