Pemprov DKI Jakarta imbau warga gunakan transportasi umum untuk ke HI

id Jakarta Muharram Festival,Tahun Baru Islam,1441 Hijriah,Bundaran HI,MRT,TransJakarta

Pemprov DKI Jakarta imbau warga gunakan transportasi umum untuk ke HI

Rencana rekayasa arus lalu lintas saat Jakarta Muharram Festival 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam memperingati 1 Muharram 1441 Hijriyah atau populer disebut Tahun Baru Islam pada Sabtu (31/8/2019). (Ist)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau warga yang ingin memeriahkan Jakarta Muharram Festival 2019 pada Sabtu malam agar memarkir kendaraannya di Gelora Bung Karno (GBK) dan menggunakan transportasi publik Moda Raya Terpadu (MRT) menuju lokasi.

Jakarta Muharram Festival merupakan sebuah gelaran untuk menyambut Tahun Baru 1441 Hijriyah yang diselenggarakan di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Seperti diketahui, GBK memiliki venue parkir yang luas yang dapat dimanfaatkan warga untuk menitipkan kendaraannya.

"Sehingga warga dapat berjalan menuju Stasiun MRT Istora Mandiri untuk selanjutnya turun di Stasiun MRT Bundaraan HI dan larut dalam meriahnya festival," tulis keterangan Pemprov DKI Jakarta yang diterima Sabtu petang.

Selain GBK, Pemprov DKI Jakarta juga telah menyediakan menyediakan sejumlah kantong parkir bagi pengendara yang akan menghadiri Jakarta Muharram Festival. Kantong parkir tersedia di beberapa lokasi, antara lain IRTI Monas, Jalan Imam Bonjol dan Plaza Mandiri.

Untuk menghindari kemacetan, Pemprov DKI Jakarta meminta agar warga yang akan datang menggunakan kendaraan umum, bukan hanya MRT, tapi juga Transjakarta dan KRL Commuterline.

Baca juga: Bundaran HI mulai padat, jalan ditutup untuk Jakarta Muharram Festival
Baca juga: Beberapa ruas jalan di Jakarta ditutup sambut Tahun Baru Islam
Baca juga: Jalan Merdeka Barat-Bundaran HI ditutup saat Jakarta Muharram Festival


Dari pantauan di Bundaran Hotel Indonesia, warga sudah mulai memadati area yang dijadikan pusat acara Jakarta Muharram Festival.

Jalan MH Thamrin hingga Bundaran HI, Jalan Jenderal Sudirman sisi barat (dari Dukuh Atas hingga Bundaran Hotel Indonesia), Jalan Imam Bonjol (dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Simpang Jalan Agus Salim).

Bus-bus TransJakarta tidak terlihat karena harus dialihkan jalurnya menjadi tidak melewati jalan-jalan yang ditutup. Hal ini mengakibatkan setidaknya halte Bank Indonesia, Sarinah, Bundaran HI, Tosari hingga Dukuh Atas berhenti beroperasi sementara.

Sementara itu, 3.700 aparat gabungan dari personel Kepolisia  dan Satpol PP mengamankan seluruh rangkaian kegiatan Jakarta Muharram Festival.

Baca juga: 1.500 warga Pulogadung pawai tahun baru Islam
Baca juga: Libur Tahun Baru Hijriyah, warga padati Monas
Baca juga: Warga Jakarta Timur gelar pawai Tahun Baru Islam


Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta juga melibatkan 303 petugas untuk berjaga serta memandu rekayasa lalulintas di beberapa titik sekitar lokasi kegiatan melalui penutupan dan pengalihan arus mobilitas kendaraan bermotor.

Jakarta Muharram Festival dimeriahkan dengan pawai obor yang disertai atraksi tari, lagu religi dan salawat nabi serta artis band nasional. Ada pula tausiyah dan doa bersama yang dilakukan dalam momen pergantian tahun hijriyah tersebut.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar