Jakarta (ANTARA) - Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik, David R. Stilwell berkunjung ke Indonesia dan akan bertemu dengan sejumlah pejabat tinggi guna membahas berbagai isu yang menjadi kepentingan kedua negara.

"Ini kunjungan pertama saya ke Indonesia. Saya berencana bertemu dengan sejumlah pejabat senior dari pemerintah Indonesia, dan saya ingin mendengar pemikiran dan pendapat mereka," kata David Stilwell di Jakarta, Minggu.

Kunjungan Asisten Menlu AS ke Indonesia merupakan kunjungan yang ketiga ke negara-negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik dalam dua bulan terakhir.

Stilwell mengatakan bahwa lawatannya ke negara-negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik bertujuan untuk mendengar pendapat dan menjangkau lebih banyak mitra serta menjelaskan kebijakan Amerika Serikat di kawasan.

Dia pun mengaku bahwa Indonesia merupakan mitra yang penting bagi Amerika Serikat dan hubungan yang telah terjalin antara kedua negara merupakan hubungan yang saling menguntungkan.

"Indonesia penting bagi kami. Jadi, hubungan kami dengan Indonesia dan kawasan ini merupakan hubungan yang saling menguntungkan. Karena ini kunjungan pertama, saya ingin menyimak dan mendengar dulu apa yang menjadi perhatian pemerintah Indonesia," ujar Stilwell.

David R. Stilwell akan berada di Indonesia selama tiga hari, yakni pada 1-3 September 2019.

Selama kunjungan di Indonesia, Stilwell akan bertemu dengan para pejabat senior Indonesia dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, serta perwakilan dari kantor Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Topik yang akan dibahas sangat luas dan beragam dan ini akan menjadi kesempatan untuk membahas perspektif mengenai berbagai isu," ucap Stilwell.
Baca juga: Amerika Serikat tegaskan pentingnya Indo-Pasifik bebas dan terbuka

Baca juga: Diplomat AS: Washington takkan campuri sengketa Jepang-Korea Selatan
 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019