Warga Makassar diingatkan rajin berzakat sambut Tahun Baru Islam

id pemkot makassar,pj wali kota makassar,Baznaz kota makassar,zakat,gerak jalan massal,makassar

Warga Makassar diingatkan rajin berzakat sambut Tahun Baru Islam

Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb (empat kiri) melepas gerak jalan massal memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijiriah dilaksanakan Baznas Kota Makassar di pelataran Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (1/9/2019). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot).

Makassar (ANTARA) - Masyarakat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan diingatkan Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb untuk rajin berzakat menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1441 Hijiriah.

"Memasuki Tahun Baru Islam, saya sebagai penjabat Wali Kota Makassar mengingatkan kepada kita semua bahwa ada kewajiban yang harus diperhatikan dalam kehidupan kita yakni zakat. Jangan sampai kita lalai akan hal ini," katanya di Makassar, Ahad.

Ia mengatakan sringkali masyarakat ketika diminta untuk mengeluarkan sejumlah nominal dengan dalih sumbangan atau sedekah, kata dia, maka akan dengan sadar segera mengulurkan bantuannya.

"Namun masih saja ada orang lupa akan kewajibannya membayar zakat, padahal itu merupakan hal penting yang harus dilaksanakan bagi umat Muslim dalam menjalankan kewajibannya," katanya.

Sebelumnya Iqbal Suhaeb membuka sekaligus melepas peserta gerak jalan massal memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriah yang dilaksanakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz) Kota Makassar di pelataran Masjid Al Markaz Al Islami.

Pada kesempatatan itu, ia kembali mengingatkan kurang lebih 4.000 peserta yang hadir pada gerak jalan massal yang memadati area masjid itu tentang kewajiban berzakat itu.

Ketua Baznas Kota Makassar Anis Zakaria Kama dalam laporannya turut menyerukan hal serupa dan berharap agar para peserta gerak jalan tetap memperhatikan sampahnya demi menciptakan Makassar bersih.

"Zakat begitu penting karena dapat membersihkan diri kita, sembari tetap melakukan amalan-amalan lainnya," kata mantan Sekertaris Daerah Kota Makassar itu.

Kepada para peserta gerak jalan ia mengajak agar mendukung program Pemerintah Kota Makassar dengan memperhatikan sampah bekas makanan maupun minuman di jalan, dengan memasukkan sampah ke dalam kantong lalu dibuang di tempat sampah.

Selain gerak jalan massal, dalam peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hjiriah, Baznas Kota Makassar juga menggelar sunatan massal yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu.

Baca juga: Tablig akbar di Makassar tandai peringatan Tahun Baru Islam

Baca juga: TNI dan Pramuka lakukan aksi bersih pantai peringati Tahun Baru Islam

Baca juga: Ribuan warga Biak Papua jalan sehat 1 Muharam

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar