Saya menyampaikan kepada seluruh pemirsa bahwa hari ini situasi Khususnya di Kota Jayapura dalam keadaan aman kondusif walaupun pagi tadi ada sedikit kejadian tetapi sudah bisa kita atasi..
Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf A Rodja menegaskan bahwa situasi dan kondisi di Kota Jayapura sangat kondusif pascaaksi demo tolak rasisme yang berujung anarkis pada Kamis lalu.

Pernyataan ini mengemuka dalam dialog interaktif di RRI Jayapura, Kota Jayapura, Minggu saat mantan Kapolda Papua Barat itu didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Jhosua Pandit Sembiring dan Analis kebijakan Utama Lemdikpol Irjen Pol Paulus Waterpauw dengan topik Damailah Papuaku.

"Saya menyampaikan kepada seluruh pemirsa bahwa hari ini situasi Khususnya di Kota Jayapura dalam keadaan aman kondusif walaupun pagi tadi ada sedikit kejadian tetapi sudah bisa kita atasi. Kedua kelompok bisa kita beri pengertian dan mereka bisa mengerti serta menyerahkan semua persoalan ini kepada aparat keamanan baik Polri maupun TNI," katanya.

Baca juga: Papua Terkini -298 pendemo dipulangkan dengan kendaraan militer


Untuk situasi di seluruh Papua hari ini, kata dia, aman kondusif tidak ada kejadian yang menonjol atau tidak ada peristiwa-peristiwa yang meresahkan warga.

"Saya sangat menyayangkan aksi demo yang awalnya para korlap sudah berkoordinasi dengan kami dari Kepolisian untuk melaksanakan demo damai tidak ada aksi. Bahkan kami mengawal para pendemo, namun kami sangat menyesalkan dari apa yang telah dilakukan oleh para pendemo kemarin," katanya.

Yang terjadi, kata dia, para pendemo melakukan tindakan anarkis, bahkan banyak yang menjadi korban penjarahan, pembakaran, pengerusakan, bahkan juga penganiayaan.

"Kami sudah menyidik sebanyak 28 orang untuk diperiksa dan didalami baik penganiayaan dan pengerusakan. Saya sebagai Kapolda Papua juga sudah mengeluarkan maklumat, bahwa tidak boleh ada lagi selebaran, aksi demo lagi," katanya.

Bilamana maklumat tersebut tidak diindahkan, lanjut dia, maka pihak Kepolisian didukung TNI akan melakukan tindakan tegas.

"Kami Kepolisian bekerja keras untuk menyelesaikan masalah ini. Kemarin, kami sudah melaksanakan pertemuan dengan tokoh Nusantara untuk membicarakan masalah ini agar tidak melakukan aksi balasan dan kami juga menyampaikan akan melakukan sweeping," katanya.

Untuk itu, Kapolda Papua mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kedamaian di Kota Jayapura dan kembali beraktivitas seperti biasa.

"Kami mengakui bahwa kemarin masih ada masyarakat yang membawa senjata tajam, namun kami sudah mengimbau melalui para tokoh paguyuban untuk bersama sama meredam aksi balasan. Kami berharap kepada semua kelompok untuk tidak membawa senjata tajam, ini melanggar UU bila hari ini masih ditemukan maka kami akan melaksanakan penegakan sesuai dengan hukum yang berlaku," katanya.

Baca juga: Papua Terkini - Polres Waropen gelar patroli ciptakan situasi kondusif
Baca juga: Akademisi desak polisi tangkap pengibar bendera Bintang Kejora
Baca juga: Papua Terkini - Isu demo susulan, Kepala Suku Arfak: Jangan anarkis

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019