Jakarta (ANTARA) - Jaksa penuntut umum Illinois mengutip pernikahan tak sah antara R. Kelly dengan mendiang penyanyi Aaliyah yang saat itu masih di bawah umur, yang membuatnya perlu dibui sambil menunggu persidangan, demikian menurut dokumen pengadilan seperti dilansir Pagesix, Senin (2/9).

Meski dokumen itu tidak menyebutkan nama Aaliyah, namun merujuk pada perkawinan rahasia yang dilangsungkan pasangan tersebut pada 1994 ketika Aaliyah baru berusia 15 tahun sebagai bukti pelecehan yang "disengaja dan produktif" yang dilakukan sang legenda R&B pada anak kecil. 

Jaksa juga mengatakan mereka memiliki dokumen resmi untuk membuktikan itu.

"(Kelly) bahkan menikahi seorang gadis 15 tahun ketika dia berusia 27 tahun," tulis jaksa kepada seorang hakim di Distrik Utara Illinois.

"Pemerintah mengeluarkan permohonan pernikahan resmi terdakwa, akta nikah, dan catatan pembatalan untuk pernikahan ini. Hal ini jauh dari kekhilafan satu kali, tapi ini adalah pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang dilakukan oleh terdakwa secara sengaja dan produktif."

Baca juga: R. Kelly menyatakan tidak bersalah atas tuduhan kejahatan seksual

Dokumen tersebut merupakan tanggapan atas permintaan yang berulang dari pengacara Kelly agar kliennya dibebaskan dengan jaminan sambil menunggu pengadilan dalam kasus pornografi anak di Chicago.

Kelly memproduksi album debut Aaliyah pada 1994 "Age Aint Nothing But A Number," dan secara konsisten menolak membahas perkawinan mereka.

Aaliyah yang kelahiran Brooklyn juga menolak mengomentari pernikahan sebelum akhirnya dia meninggal dunia pada usia 22 dalam kecelakaan pesawat 2001 di Bahama.

Jaksa penuntut mendesak hakim Chicago untuk mengurung Kelly, berdasarkan dugaan penganiayaan selama beberapa dekade.

Baca juga: Dianggap "sangat berbahaya", R Kelly ditahan tanpa uang jaminan

Dalam dokumen tersebut disebutkan, tingkat pelecehan seksual terdakwa R. Kelly terhadap gadis-gadis kecil sangat mengejutkan. Terdakwa melakukan pelecehan seksual terhadap gadis-gadis itu ratusan kali sebelum mereka berusia 18 tahun

Kelly juga menghadapi tuduhan pemerasan di Brooklyn. Dia mengaku tidak bersalah dalam kedua kasus.

"Tampaknya agak kuno," kata pengacara Kelly, Steve Greenberg, tentang argumen itu ketika dimintai komentar. "Dan tidak relevan," ujarnya.

Baca juga: Penyanyi R Kelly jalankan sidang terkait tuduhan perdagangan perempuan
 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019